Ahad 13 Oct 2024 08:45 WIB

Pelatih Portugal Puji Peningkatan Skuadnya Sejak Tersingkir dari Euro 2024

Portugal mengalahkan Polandia 3-1, Ronaldo sumbang satu gol.

Pelatih Portugal Roberto Martinez
Foto: AP Photo/Radovan Stoklasa
Pelatih Portugal Roberto Martinez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Portugal Roberto Martinez memuji peningkatan kedalaman, daya saing, dan persiapan skuadnya setelah Euro 2024. Pujian itu dilontarkan setelah Portugal menang mudah atas Polandia pada Ahad (13/10/2024) dini hari WIB untuk mempertahankan start sempurna mereka di UEFA Nations League.

Portugal mendominasi Polandia saat Bernardo Silva dan Cristiano Ronaldo membawa tim tamu unggul 2-0 saat turun minum. Gelandang Polandia Piotr Zielinski memperkecil ketertinggalan, tetapi gol bunuh diri Jan Bednarek membuat skor menjadi 3-1 untuk tim tamu.

Baca Juga

Portugal tersingkir dari Piala Eropa dalam adu penalti melawan Prancis di perempat final. Namun Martinez mengatakan, fokus mereka sekarang adalah membangun tim menuju Piala Dunia 2026.

"Kami memiliki lebih banyak pemain (sekarang), daya saing untuk apa yang sedang kami kerjakan semakin meningkat. Kami tim yang lebih siap setelah Kejuaraan Eropa," kata Martinez kepada RTP3, dikutip Reuters.

"Fokus dan tujuan utama kami adalah Piala Dunia. Saya senang, sikapnya luar biasa, kepribadian para pemain fantastis di stadion yang sulit. Bagi kami, ini adalah penampilan yang sangat penting.

"Kami tidak ingin kebobolan gol, tetapi penampilannya sangat bagus. Kami melihat debut baru, pemain baru, yang masuk ke grup dengan cara yang alami."

Portugal terus memimpin di Grup A1 dengan sembilan poin, unggul tiga poin dari Kroasia.

Martinez, yang telah menangani Portugal sejak Januari 2023, telah dikritik di masa lalu karena terlalu sering menggunakan pemain bintangnya Ronaldo, Namun saat melawan Polandia, ia menarik keluar pemain depan berusia 39 tahun itu pada menit ke-63.

"Ini penting, ini bagian dari kami mengelola para pemain, karena ada dua pertandingan dalam 72 jam," kata Martinez.

"Diogo Jota tampil sangat baik. Penting untuk menggunakan pemain yang kami miliki di bangku cadangan. Cristiano kini sempurna."

Pelatih asal Spanyol itu juga memperkenalkan sejumlah wajah baru, dengan Renato Veiga dan Samuel Costa yang melakoni debut mereka melawan Polandia.

Veiga, yang bergabung dengan Chelsea pada bulan Juli, bermain sebagai bek tengah bersama Ruben Dias. Sementara gelandang Mallorca Costa, yang secara mengejutkan dipanggil, dimasukkan pada masa tambahan waktu untuk menggantikan Silva.

"Renato Veiga sangat dewasa dan agresif. Saya pikir hubungan dan koneksi dengan Ruben Dias bagus," imbuh Martinez.

"Kita berbicara tentang pertandingan dengan salah satu pemain area penalti terbaik dalam sepak bola modern (Robert Lewandowski). Saya pikir (mengetahui hal ini) debutnya bahkan lebih penting.

"Saya senang dengan Samu, (Francisco) Trincao, dan semua pemain baru yang bekerja dengan sangat baik. Mereka menunjukkan bahwa mereka adalah bagian dari tim."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement