Sabtu 12 Oct 2024 05:36 WIB

Dumfries Hindarkan Belanda dari Kekalahan Kontra Hungaria

Belanda bermain dengan 10 orang sejak menit ke-79 karena Van Dijk dikeluarkan.

Denzel Dumfries dari Belanda merayakan golnya ke gawang Hungaria dalam pertandingan UEFA Nations League di Puskas Arena, Budapest, Sabtu, 12 Oktober 2024 dini hari WIB. (
Foto: AP Photo/Denes Erdos
Denzel Dumfries dari Belanda merayakan golnya ke gawang Hungaria dalam pertandingan UEFA Nations League di Puskas Arena, Budapest, Sabtu, 12 Oktober 2024 dini hari WIB. (

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Denzel Dumfries mencetak gol penyeimbang pada menit-menit akhir untuk menyelamatkan satu poin bagi Belanda dalam hasil imbang 1-1 melawan Hungaria di Grup A3 UEFA Nations League. Tim tamu harus bermain dengan 10 pemain setelah kapten Virgil van Dijk dikeluarkan dari lapangan pada laga di Puskas Arena, Sabtu (12/10/2024) dini hari WIB.

Hungaria memimpin pada menit ke-32 ketika Tijjani Reijnders kehilangan penguasaan bola di lini tengah dan umpan silang Zsolt Nagy ke tiang jauh berhasil ditembakkan dengan tendangan voli ke dalam gawang oleh Roland Sallai. Sebelumnya, Sallai sempat diragukan tampil karena cedera.

Baca Juga

Belanda menciptakan banyak peluang, tapi tampaknya akan mengalami kekalahan. Malam mereka menjadi lebih buruk ketika Van Dijk menerima dua kartu kuning dalam kurun waktu tiga menit sebelum Dumfries menyundul bola dari tendangan bebas Cody Gakpo untuk menyamakan kedudukan.

Jerman memimpin klasemen Grup A3 di paruh pertama dengan tujuh poin dari tiga pertandingan, diikuti oleh Belanda dengan lima poin. Hungaria (dua poin) dan Bosnia (satu poin) keluar dari persaingan untuk memperebutkan posisi puncak.

“Itu membuat frustrasi karena Hungaria tetap terstruktur dan bermain dalam transisi,” kata Dumfries kepada wartawan. “Ketika mereka unggul 1-0, Anda tahu mereka akan semakin bertahan. Di babak kedua kami pulih dengan baik. Saya pikir 1-1 adalah hasil yang adil.”

Dumfries, yang mengakhiri pertandingan dengan mengenakan ban kapten Van Dijk, memuji para pemain atas perjuangan mereka.

“Sungguh luar biasa bagaimana kami melakukannya. Pujian untuk tim atas cara kami bertahan. Itulah cara Anda meraih kesuksesan,” katanya.

Hungaria berharap untuk meraih kemenangan pertama atas Belanda dalam 40 tahun terakhir, tetapi setidaknya mengakhiri sembilan kekalahan beruntun melawan Belanda.

Pertandingan ini didominasi oleh penguasaan bola oleh tim tamu, dengan Hungaria mencoba untuk menyerang saat mereka melakukan serangan balik, yang berhasil mereka lakukan melalui gol pembuka yang dicetak oleh Sallai.

Sebelumnya, tendangannya membentur tiang gawang setelah menerima umpan dari Dominik Szoboszlai di depan gawang. Sallai melepaskan tendangan melengkung yang membentur tiang gawang.

Belanda memiliki lebih dari 80 persen penguasaan bola pada babak pertama. Namun Oranje tidak menciptakan banyak peluang, meskipun Cody Gakpo memaksa kiper Hungaria, Denes Dibusz, melakukan penyelamatan gemilang.

PELUANG YANG TERLEWATKAN

Babak kedua mengikuti pola yang sama dengan babak pertama saat tuan rumah bermain lebih bertahan.

Reijnders tinggal berhadapan dengan Dibusz, tapi ia menunda tembakannya. Tijjani memaksa dirinya melebar dengan sentuhan keras untuk menggagalkan peluang tersebut, sebelum ia memilih untuk menembak. Padahal umpan silang ke arah Dumfries lebih bijak karena rekannya hanya tinggal melakukan tap-in ke gawang.

Dengan Belanda semakin frustrasi, Van Dijk dikartu kuning karena perbedaan pendapat sebelum kartu kuning kedua untuk pelanggaran. Ini membuat tim tamu harus bermain dengan 10 pemain dalam 11 menit terakhir dan bek tengah ini harus absen dalam perjalanan ke Jerman pada Selasa WIB.

“Sebagai kapten saya diizinkan untuk berbicara dengan wasit dan saya melakukannya dengan cara yang terhormat,” kata Van Dijk kepada NOS. “Dengan yang kedua, saya memberikan alasan kepada wasit untuk memberikan kartu kuning.”

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement