Jumat 04 Oct 2024 06:29 WIB

Hasil Lengkap Matchday Kedua Liga Europa, Mees Hilgers dkk Tahan Tim Jose Mourinho

Twente unggul lebih dulu sebelum disamakan Fenerbahce 1-1 di Liga Europa.

Para pemain Twente merayakan gol Michel Vlap ke gawang Fenerbahce di Liga Europa, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Para pemain Twente merayakan gol Michel Vlap ke gawang Fenerbahce di Liga Europa, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub Belanda FC Twente kembali meraih hasil positif di Liga Europa. Tim yang dibela bek timnas Indonesia Mees Hilgers ini menahan imbang Fenerbahce asuhan José Mourinho 1-1 di kandang sendiri, Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB.

Twente bahkan lebih dulu unggul lewat gol Michel Vlap pada menit ke-28. Namun Fenerbahce membalas lewat Dusan Tadic pada menit ke-71.

Baca Juga

Seperti biasa, Mees Hilgers tampil sebagai starter dalam laga ini. Pelatih Joseph Oosting memainkannya sampai laga tuntas. Mees tampil spartan meskipun sempat mendapatkan kartu kuning pada menit ke-56.

Twente pun melanjutkan hasil positifnya setelah sebelumnya mengejutkan banyak pihak dengan menahan Manchester United 1-1 di Old Trafford. Sebab meskipun bermain di kandang, Fenerbahce lebih diunggulkan untuk menang.

Pada laga lain, Manchester United (MU) terhindar dari kekalahan memalukan berikutnya setelah pemain pengganti Harry Maguire menyundul bola untuk menyamakan kedudukan pada injury time dalam hasil imbang 3-3 kontra Porto di Liga Europa, Jumat (4/10/2024) dini hari WIB. Tim asuhan Erik ten Hag itu kehilangan keunggulan 2-0 dan harus menyaksikan Bruno Fernandes dikeluarkan dari lapangan untuk kedua kalinya berturut-turut.

Fernandes menerima kartu kuning kedua pada menit ke-81 karena tendangannya yang terlalu tinggi mengenai bek Nehuen Perez saat ia mencoba melepas umpan silang ke kotak penalti.

“Kami mengawali pertandingan dengan sangat baik, kami mendominasi, kami mencetak dua gol bagus, tetapi kemudian kami kehilangan kendali,” kata Ten Hag dikutip AP.

"Pertandingan tengah tidak bagus, tetapi kemudian kami menyelesaikannya dengan sangat baik. Kami menyamakan kedudukan, jadi itu bagus untuk semangat.”

Fernandes sebelumnya dikartu merah dalam kekalahan 0-3 dari Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris. Namun FA mengakui kekeliruan kartu tersebut dengan mencabut skorsing untuk Fernandes setelah MU melakukan bandung.

Ten Hag tampak berada dalam masalah besar ketika United yang sempat unggul 2-0 kemudian tertinggal 3-2. Namun Maguire menyundul bola hasil tendangan sudut Christian Eriksen pada menit pertama injury time untuk menyelamatkan satu poin bagi United, yang sekarang memiliki dua hasil imbang di penyisihan Liga Europa dan gagal menang dari empat pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Sebelumnya, tim muda Tottenham mempertahankan rekor sempurna dengan kemenangan tandang 2-1 di Ferencvaros, sementara Lazio juga meraih dua kemenangan dari dua pertandingan dengan mengalahkan Nice 4-1 di kandang sendiri.

Pape Sarr membawa Tottenham unggul di pertengahan babak pertama saat ia bereaksi cepat terhadap bola lepas di area penalti. Ia memasukkan bola ke gawang dengan tendangan kaki kanan untuk gol keduanya dalam dua pertandingan di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa ini.

Brennan Johnson masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua dan mencetak gol kedua empat menit menjelang akhir pertandingan dengan tendangan kaki kiri yang membentur tiang jauh. Itu adalah gol kelima dalam lima pertandingan di semua kompetisi untuk pemain internasional Wales itu.

Parnabas Varga memperkecil ketertinggalan untuk Ferencvaros pada menit terakhir.

Manajer Tottenham Ange Postecoglou membuat tujuh perubahan pada tim yang mengalahkan United di Old Trafford. Empat remaja menjadi starter untuk Spurs, dengan Will Lankshear yang berusia 19 tahun mencatatkan debut seniornya dan rekan setimnya yang berusia 17 tahun Mikey Moore menjalani start pertamanya.

Di tengah hujan deras di Stadio Olimpico di Roma, Taty Castellano mencetak dua gol untuk Lazio, pertama dengan melambungkan bola melewati kiper Marcin Bulka dalam situasi satu lawan satu pada babak pertama. Ia kemudian membuat skor menjadi 3-1 di babak kedua dengan tembakan ke bagian atas gawang.

Lyon juga meraih dua kemenangan setelah mengalahkan Rangers 4-1 di Glasgow, dengan penyerang Alexandre Lacazette dan Malick Fofana masing-masing mencetak dua gol.

Kapten Michael Baidoo mencetak gol dari titik penalti dan klub Swedia Elfsborg mengejutkan Roma dengan skor 1-0. Pelatih baru Roma Ivan Jurić tetap berjaya di kompetisi ini.

Pemain pengganti Toma Chory menyundul bola untuk menyamakan kedudukan di babak kedua bagi Slavia sehingga menahan imbang Ajax dengan skor 1-1 di Praha. Ajax unggul lebih dulu setelah Branco van den Boomen mengecoh kiper Slavia dari titik penalti pada menit ke-18. Tim tamu bermain dengan 10 orang pada menit ke-75 setelah bek Youri Baas menerima kartu kuning keduanya.

Anderlecht bangkit dari ketertinggalan satu gol untuk mengalahkan Real Sociedad 2-1 di kandang lawan, dengan Theo Leoni mencetak gol kemenangan di akhir babak pertama.

Ayoub El Kaabi mencetak dua gol dan Santiago Hezze menambah satu gol lagi bagi pemenang Liga Konferensi tahun lalu Olympiacos untuk mengalahkan Braga 3-0.

Hoffenheim, yang sedang berjuang di Bundesliga, mencatat kemenangan 2-0 atas Dynamo Kyiv.

Eintracht Frankfurt, pemenang Liga Europa 2022, mencetak dua gol di babak pertama dalam waktu tiga menit dalam perjalanan menuju kemenangan tandang 3-1 di Besiktas.

Hasil lengkap matchday kedua Liga Europa

Ferencvaros 1-2 Tottenham

Lazio 4-1 Nice

Maccabi Tel Aviv 0-2 Midtjylland

Olympiakos 3-0 Braga

Qarabag 1-2 Malmo

Real Sociedad 1-2 Anderlecht

Rigas 2-2 Galatasaray

Slavia Praha 1-1 Ajax

Hoffenheim 2-0 Dynamo Kyiv

Porto 3-2 Manchester United

Rangers 1-4 Lyon

PAOK 0-1 Steaua Bucharest

Viktoria Plzen 0-0 Ludogorets

Union SG 0-0 Bodo/Glimt

Athletic Bilbao 2-0 AZ Alkmaar

FC Twente 1-1 Fenerbahce

Besiktas 1-3 Eintracht Frankfurt

Elfsborg 1-0 AS Roma

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement