Kamis 03 Oct 2024 15:11 WIB

Bambang Pacul Mengaku Tiba-Tiba Ditugaskan Jadi Wakil Ketua MPR

Penugasan PDIP kepada Bambang Pacul diteken Megawati dan Hasto.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.
Foto: Dok DPR
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengaku, mendapatkan penugasan dari partai untuk menjadi perwakilan Fraksi PDIP sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029. Penugasan itu pun berlangsung tiba-tiba.

"Saya juga tidak tahu, tiba-tiba ditugasin," kata Bambang Pacul usai menghadiri Sidang Paripurna MPR RI Ke-3 dengan agenda pelantikan Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga

Dia menyebut penugasannya untuk menjadi perwakilan Fraksi PDIP DPR RI sebagai wakil ketua MPR RI 2024-2029 telah ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. "Yang tanda tangan Bu Mega sama Pak Sekjen," ucap Bambang Pacul.

Dia pun memastikan akan menggeser fokus pada ranah yang menjadi lingkup bidang MPR dari bidang cakupan Komisi III DPR RI yang pada periode sebelumnya ia pimpin. "Ya, kan sudah pasti beda fokusnya. Jadi geser lah pasti. Geser ke situ, ke MPR," kata ketua DPD PDIP Jawa Tengah tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut, alasan Bambang Wuryanto diusulkan fraksi partainya sebagai pimpinan MPR RI periode 2024-2029 karena pengalamannya yang mumpuni di DPR RI. "Ya, itu hak partai yang kemudian memilih Pak Bambang Pacul buat PDIP. Beliau adalah salah satu tokoh di PDIP yang sudah berkiprah lama sekali, sudah mumpuni di DPR," kata Puan.

Untuk itu, Puan menilai, dengan pengalaman bekal pengalaman selama beberapa periode duduk di Senayan maka ketua Komisi III DPR RI periode 2019-2024 itu memiliki jaringan koneksi yang luas. "Juga mempunyai jaringan atau pertemanan dengan semua yang ada di sini dengan baik, karenanya kami berharap beliau dapat menjalankan tugasnya dengan baik," ujar Puan.

Bambang Pacul telah duduk sebagai anggota DPR RI selama berturut-turut sejak periode tahun 2004 hingga saat ini. Sebelumnya, Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jmenyetujui Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029 menggantikan Bambang Soesatyo selaku ketua MPR RI periode 2019-2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement