Selasa 01 Oct 2024 20:59 WIB

Jadi Ketua DPR, Puan Janji Buka Ruang Aspirasi Rakyat Selebar-lebarnya

Puan Maharani terpilih menjadi ketua DPR periode 2024-2029.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Pimpinan DPR terpilih bersiap mengucapkan sumpah jabatan dalam rapat paripurna pemilihan dan penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029  di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Pimpinan DPR terpilih bersiap mengucapkan sumpah jabatan dalam rapat paripurna pemilihan dan penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali terpilih menjadi ketua DPR RI periode 2024-2029 pada Selasa (1/10/2024). Puan menjadi pimpinan DPR bersama empat orang lain yang masing-masing dari Fraksi Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, dan Partai Nasdem.

Puan mengaku bersyukur dapat terpilih menjadi ketua DPR dua periode. Menurut dia, pemilihan pimpinan DPR periode 2024-2029 dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan berarti. 

Baca Juga

"Alhamdulillah bahwa pada hari ini pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR sudah berjalan dengan lancar, dan alhamdulillah juga penetapan dan pelantikan pimpinan DPR yang baru, yang terdiri dari satu wakil ketua sudah selesai," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa sore.

Dia mengatakan, pimpinan DPR RI periode 2024-2029 berkomitmen untuk bisa menjaga lembaga DPR secara kolektif kolegial. Selain itu, pihaknya juga akan membuat program kinerja legislasi, anggaran, dan pengawasan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Puan menambahkan, DPR juga akan membuka ruang aspirasi rakyat selebar-lebarnya. Menurut putri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri tersebur, aspirasi dari rakyat akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang ada di DPR.

"Dan nantinya tentu kita bersama akan membuka ruang-ruang untuk bisa menindaklanjuti hal tersebut dengan diberikan kepada komisi-komisi dan AKD yang kalau kemarin mungkin belum tertampung, nanti ke depannya akan ada komisi-komisi yang nanti bisa menampung aspirasi rakyat yang kemarin belum tertampung," kata Puan.

Adapun Puan menjadi pimpinan DPR bersama empat orang lainnya. Empat orang itu masing-masing adalah Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB, dan Saan Mustopa dari Fraksi Partai Nasdem. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement