Selasa 01 Oct 2024 00:02 WIB

Exco PSSI Ungkap Langkah Agar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Main Lawan Bahrain

Mees dan Eliano akan beralih federasi dari KNVB ke PSSI baru didaftarkan ke FIFA.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia bagi dua pesepa kbola, Mees Hilgers (kiri) dan Eliano Reijnders, digelar Senin (30/9) di Brussels, Belgia.
Foto: dok PSSI
Pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia bagi dua pesepa kbola, Mees Hilgers (kiri) dan Eliano Reijnders, digelar Senin (30/9) di Brussels, Belgia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga yang hadir langsung di Brussels, Belgia saat pengambilan sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak. Mees dan Eliano kini resmi menjadi WNI dan siap membela timnas Indonesia.

Selanjutnya PSSI akan mengurus perpindahan federasi sepak bola keduanya dari sebelumnya KNVB menjadi PSSI. Setelah itu, barulah keduanya didaftarkan ke FIFA sebagai pemain timnas Indonesia.

Baca Juga

Jika semuanya berjalan lancar, maka Mees dan Eliano akan menjadi bagian skuad Garuda,ketika tim asuhan Shin Tae-yong bertandang ke Bahrain (10/10/2024) dan lima hari kemudian terbang ke China dalam lanjutan laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Hari ini pengambilan sumpah sudah dilakukan di Kedubes kita untuk Belgia di Brussels. Terima kasih atas support baik dari pemerintah yang sangat mendukung kita. Pak Presiden Jokowi, juga Menkumham yang sudah mengutus juga dirjen untuk proses sumpah ini," ujar Arya dalam rekaman video yang diterima Republika.co.id, Senin (30/9/2024).

Demikian juga dengan Dukcapil DKI Jakarta, lanjut Arya, yang langsung membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Karena memang mereka sudah dibuat di Jakarta untuk Kartu Keluarga dan sebagainya diprosesnya agar keluar identitasnya.

"Untuk paspornya itu memang secara ketentuan dibuat di Jakarta. Jadi kami juga akan menunggu proses Jakarta, tapi hal-hal administrasi sudah dilakukan juga sehingga bisa berproses dengan baik," kata Arya.

Ia berharap Mees dan ELiano bisa bermain dan semua proses yang harus dilalui bisa berjalan dengan cepat. "Semoga berjalan baik dan doakan semoga mereka bisa bermain baik dan membuat timnas Indonesia semakin tangguh," kata Arya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement