Kamis 26 Sep 2024 20:24 WIB

Dua Gol Telat Dalberto Pastikan Kemenangan Comeback Dramatis Arema Atas PSIS

Arema FC mengalahkan PSIS 2-1 di Magelang.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kompetisi BRI Liga 1, Arema FC mengalahkan PSIS 2-1.
Foto: Sepak Pojok
Kompetisi BRI Liga 1, Arema FC mengalahkan PSIS 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tertinggal 0-1 hingga menit ke-90, Arema mampu bangkit secara dramatis dalam pertandingan BRI Liga 1 2024/2025 kontra PSIS Semarang. Singo Edan skor 2-1 berkat dua gol Dalberto di pengujung laga. Arema pun pulang dari kandang PSIS di Stadion Madya, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (26/9/2024) petang dengan membawa tiga poin.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol pada babak pertama. Tuan rumah PSIS Semarang unggul terlebih dahulu pada menit ke-51 melalui Tri Setiawan. Arema FC membalas melalui Dalberto menit ke-90 dan 90+5.

Baca Juga

Hasil ini membuat Arema FC semakin menjauh dari zona degradasi. Dengan perolehan sembilan poin hasil dari dua kali menang, tiga imbang dan dua kali kalah, Arema FC melonjak ke posisi delapan klasemen sementara.

Sebaliknya PSIS terpaku di posisi ke-12. Laskar Mahesa Jenar ini mengoleksi nilai tujuh, hasil dari dua kali menang sekali imbang dan empat kali menderita kekalahan.

Pertandingan berlangsung menarik pada babak pertama. Kedua tim saling melancarkan serangan, tapi tak ada yang mampu mencetak gol.

Babak kedua, tuan rumah lebih berinisiatif dalam menyerang. Laskar MAhesa Jenar akhirnya mampu memecah kebuntuan saat babak kedua baru berjalan enam menit.

Tri Setiawan membuka keunggulan untuk tim tuan rumah. Dewangga dari lapangan tengah mengumpan ke dalam kotak disundul ke belakang oleh Septian David dan diselesaikan dengan sempurna Tri Setiawan. PSIS unggul sementara 1-0.

Enam menit setelah gol PSIS, pelatih Arema FC Joel Cornelli menarik penyerang Salim Tuharea dan memasukkan Dalberto.

Petaka datang bagi tim tuan rumah pada menit ke-67, Riyan Ardiansyah mendapatkan kartu merah karena melakukan slaiding tekel yang sangat berbahaya dari belakang kepada Dalberto. Tekel tersebut sebetulnya tidak dalam kondisi bahaya untuk timnya. Wasit pun melakukan review VAR untuk memastikan keputusannya tepat. Tidak sampai satu menit, wasit tetap memberikan kartu merah.

Menit ke-90, Dalberto menyamakan kedudukan pada menit akhir sebelum injury time. Dedik melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti. Di sana terdapat tiga pemain Arema FC dan tiga pemain PSIS. Dalberto berhasil memenangkan duel udara untuk menjebol gawang PSIS. Kiper pengganti PSIS Syahrul Fadil Trisna gagal menjangkau bola. Arema memanfaatkan keunggulan pemain dan menyamakan kedudukan 1-1.

Menit 90+5, Dalberto mencatatkan brace untuk memastikan kemenangan Arema FC. Charles Lokolingoy melepaskan umpan dari kanan lapangan. Gelandang PSIS Boubakary Diarra gagal membuang bola dengan sempurna.

Bola diterima Pablo Oliveira yang langsung mengoper ke Dalberto yang tanpa pengawalan. Tanpa ampun, Dalberto menghukum PSIS dengan tendangan first time-nya yang menggetarkan jala gawang tuan rumah untuk kedua kalinya. Gol ini memastikan kemenangan comeback dramatis Arema FC dengan skor 2-1.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement