Ahad 22 Sep 2024 18:36 WIB

KPU Ganti Lima Anggota DPR RI yang Dipecat PKB

Cak Imin memecat Sespri Ketum PBNU dan adik Sekjen PBNU yang lolos ke Senayan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan sambutan saat penutupan Muktamar VI PKB di Nusa Dua, Badung, Bali, Ahad (25/8/2024). Muktamar tersebut menghasilkan sejumlah keputusan diantaranya menetapkan Wapres Maruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro PKB periode 2024-2029, Muhaimin Iskandar menjadi Ketua Umum PKB periode 2024-2029 serta menegaskan bergabungnya PKB ke dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Foto:

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meyakini konflik yang terjadi antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapat diselesaikan secara baik. Bahkan, ia memprediksi, kedua pihak bakal berakhir ger-geran atau tertawa bersama.

"Itu saya kira itu nanti juga selesai. Biasa di NU itu awalnya gegeran (ribut), akhirnya ger-geran," kata Wapres Ma'ruf saat memberikan keterangan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu, beberapa waktu lalu.

Wapres menyatakan, istilah gegeran yang dalam bahasa Jawa berarti keributan, sedangkan istilah ger-geran berarti tertawa bersama. Adapun Kiai Ma'ruf ditunjuk menjadi Ketua Dewan Syuro PKB periode 2024-2029. Dia juga datang ke Muktamar PKB di Nusa Dua, Bali pada 24-25 Agustus 2024.

Saat ini, hubungan PKB dan PBNU memanas. Ketua Umum PKB Cak Imin dan Ketua Umum PBNU Gus Yahya terlibat perang dingin hingga hubungan keduanya secara pribadi dan institusi semakin memanas di mata publik.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement