Ahad 22 Sep 2024 01:30 WIB

Aquaponik, Alternatif Ketahanan Pangan Warga di Meruya Selatan

Aquaponik merupakan kombinasi budidaya akuakultur (budidaya ikan) dengan hidroponik.

Tim dosen dan mahasiswa UMB Jakarta mengembangkan budidaya ikan air tawar dan sayuran dengan sistem Aquaponik, bagi warga di kawasan Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat.
Foto: UMB
Tim dosen dan mahasiswa UMB Jakarta mengembangkan budidaya ikan air tawar dan sayuran dengan sistem Aquaponik, bagi warga di kawasan Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masalah ketahanan pangan warga menjadi salah satu isu yang mendapat perhatian dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta. Dalam kegiatan ini, tim dosen dan mahasiswa UMB Jakarta mengembangkan budidaya ikan air tawar dan sayuran dengan sistem Aquaponik, bagi warga di kawasan Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari skema hibah program PKM Tahun 2024 yang didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dalam kegiatan ini, tim dosen UMB Jakarta diketuai Fransisca Listyaningsih Utami SE Akt MAk, dengan anggotakan Dian Primanita Oktasari SE MM, Dafit Feriyanto ST MEng PhD, serta sepuluh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik.

Baca Juga

Dalam pelaksanaannya, upaya pengembangan budidaya ikan air tawar dan sayuran hidroponik ini diawali dengan sosialisasi dan pelatihan bagi ibu-ibu anggota PKK di Kelurahan Meruya Selatan. Pelatihan dengan tema 'Penerapan Aquaponik untuk Meningkatkan Ekonomi dan Ketahanan Pangan Masyarakat' dilakukan secara tatap muka.

"Kegiatan pengabdian masyarakat UMB Jakarta ini sangat bagus dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi warga dalam penerapan aquaponik," ujar Lurah Meruya Selatan, M Ghufri Fatchani, dalam keterangan pers UMB Jakarta, pekan lalu.

Aquaponik merupakan kombinasi antara budidaya akuakultur (budidaya ikan) dengan hidroponik (menanam tanaman/sayuran tanpa media tanah). Dalam sistem ini terjadi hubungan mutualisme antara ikan dan tumbuhan. Sistem kerja aquaponik sangat sederhana yaitu air kolam ikan yang mengandung kotoran ikan dialirkan ke pipa hidroponik sehingga memberikan banyak nutrisi bagi tanaman. Sebaliknya, tanaman akan memberikan oksigen kepada ikan.

Pelatihan aquaponik yang diberikan tidak hanya mencakup sistem dan cara kerja aquaponik tapi juga terkait perhitungan harga produksi produk aquaponik. Sedangkan jenis ikan air tawar yang dibudidayakan adalah ikan lele, dengan tanaman sayuran pakcoy. Hasil aquaponik yaitu ikan lele dan sayuran pakcoy, selain dapat memenuhi kebutuhan pangan, bisa juga menjadi produk yang memiliki nilai jual dan sumber penghasilan bagi warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement