Sabtu 21 Sep 2024 14:10 WIB

Dukung Pariwisata Mandalika, Pelita Air Buka Rute Baru Jakarta-Lombok

Pembukaan rute baru Jakarta-Lombok oleh Pelita Air diharap kian menarik wisatawan.

Pelita Air membuka rute penerbangan baru Jakarta-Lombok demi dukung pengembangan pariwisata Indonesia.
Foto: Dok Pelita Air
Pelita Air membuka rute penerbangan baru Jakarta-Lombok demi dukung pengembangan pariwisata Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Pelita Air resmi membuka rute penerbangan baru, yakni Jakarta-Lombok dan sebaliknya. Menurut Direktur Komersial Pelita Air, Asa Perkasa, pembukaan jalur baru itu dilakukan untuk mendukung pengembangan destinasi wisata prioritas di Indonesia. Ini juga menandai kota ke-14 yang dihubungkan oleh maskapai milik PT Pertamina tersebut.

"Di sisi lain, pembukaan rute ke Lombok juga sebagai bentuk komitmen Pelita Air dalam mendukung The Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas (DPSP) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat," ujar Asa Perkasa dalam keterangan yang diterima Republika, Sabtu (21/9/2024).

Baca Juga

Ia menambahkan, The Mandalika tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga sirkuit balapan. Dalam waktu dekat, Pertamina Mandalika International Circuit akan menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia yakni pada 27-29 September 2024.

Berdasarkan data capaian pariwisata Lombok 2024, yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kini Lombok sudah melewati target bawah wisatawan mancanegara, yaitu 38.200 kunjungan. Adapun total data Januari hingga Juni 2024 sebanyak 38.905 kunjungan.

Peningkatan wisatawan ini dipicu adanya pengembangan destinasi yang berfokus pada acara-acara skala internasional. Berdasarkan data Amadeus pada 2024, jumlah intensi wisatawan ke Lombok meningkat cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir. Sirkuit Mandalika menjadi daya tarik bagi pecinta balap motor di seluruh dunia.

Ketua Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024 Troy Warokka mengapresiasi pembukaan rute ini. Menurut dia, Pelita Air turut meningkatkan konektivitas sehingga memungkinkan lebih banyak orang memilih Lombok sebagai destinasi wisata pilihan, termasuk pengalaman unik di kawasan The Mandalika.

"Kami mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara Pelita Air dan Pertamina dalam mendukung pariwisata berkelanjutan. Dengan meningkatnya aksesibilitas, kami yakin akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat country branding Indonesia di kancah pariwisata global," ungkapnya.

Berikut ini jadwal penerbangan Pelita Air yang dimaksud.

Rute: Jakarta-Lombok (Nusa Tenggara Barat)

Berangkat: pukul 06.30 WIB

Tiba: pukul 09.25

Waktu layanan: setiap hari

Rute: Lombok-Jakarta

Berangkat: pukul 10.10

Tiba: pukul 11.05

Waktu layanan: waktu setempat

Pembelian tiket pergi-pulang untuk rute tersebut dapat dilakukan melalui situs dan aplikasi mobile Pelita Air. Terdapat pula penawaran menarik, yakni diskon hingga Rp 160 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement