Kamis 19 Sep 2024 14:53 WIB

Emil Dapat Pesan dari SBY Atasi Kekumuhan dan Lakukan Penghijaun di Jakarta

Pasangan Emil-Suswono bertemu dengan Presiden ke-6 RI SBY di Cikeas, Bogor.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Indonesia ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: Republika/Prayogi
Presiden Indonesia ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakartak M Ridwan Kamil-Suswono (Rido) agar memperbaiki Jakarta dari kekumuhan. SBY pun meminta agar paslon dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu melakukan penghijauan untuk Jakarta.

"SBY punya perhatian lebih terhadap persoalan klasik di Jakarta. Salah-satunya adalah mengatasi kekumuhan. SBY juga meminta agar pasangan RIDO memprioritaskan penghijauan di Jakarta," kata Emil bersama Suswono usai bertemu dengan SBY di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga

Bahkan, kata Emil, SBY menyampaikan keinginannya agar di Jakarta lebih ramah terhadap anak-anak. "SBY menyampaikan keinginannya untuk membuka workshop (ruang kelas) melukis untuk anak-anak di Jakarta," kata Emil dalam siaran pers kepada wartawan di Jakarta.

Saran dan permintaan yang disampaikan SBY kepada paslon Rido bentuk dari keinginan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang ramah terhadap semua kalangan, dan lestari. Selain itu, kata Emil, SBY juga memberikan pesan-pesan kepemimpinan kepada mantan gubernur Jabar itu jika memimpin Jakarta.

Menurut Emil, SBY berpesan, agar bersama-sama Suswono jika berhasil memenangkan Pilgub DKI Jakarta 2024, dan menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta etap memprioritaskan mayoritas masyarakat paling marjinal di Jakarta. "Kami diberi nasihat tentang kepemimpinan dari SBY, agar kami selalu sabar, dan amanah jika dipercaya untuk memimpin Jakarta. SBY juga menekankan untuk mengurusi mayoritas masyarakat Jakarta yang paling bawah," kata Emil.

Pertemuan dengan SBY kali ini erupakan safari politik paslon Rido sebelum ditetapkan sebagai cagub-cawagub resmi untuk kontestasi Pilgub Jakarta 2024. Penetapan kontestan dalam pesta demokrasi di daerah tahun ini, akan diumumkan oleh KPUD pada 22 September 2024 mendatang.

Selanjutnya, memasuki masa kampanye dan pencoblosan yang akan digelar pada 27 November 2024. Sebelum berkunjung ke SBY, Emil-Suswono juga mengunjungi beberapa tokoh-tokoh dan para mantan gubernur Jakarta.

Emil-Suswono menemui gubernur Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo alias Foke dan gubernur periode 1997-2007 Sutiyoso pada pekan lalu. Emil dan Suswono merencanakan untuk menemui gubernur periode 2014-2017 Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan gubernur periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement