Senin 16 Sep 2024 08:29 WIB

Ini Sosok yang Diduga Hendak Tembak Trump di Lapangan Golf

Agen yang mengawal Donald Trump sempat melepaskan tembakan hingga tersangka kabur.

Calon presiden dari Partai Republik yang juga mantan Presiden Donald Trump bersama Calon wakil presiden dari Partai Republik Senator Ohio JD Vance saat Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Selasa (16/7/2024). Mantan presiden AS Donald Trump mengumumkan Senator Ohio JD Vance sebagai calon wakil presiden dan Wakil Presiden yang dipilihnya untuk pemilu November mendatang.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Calon presiden dari Partai Republik yang juga mantan Presiden Donald Trump bersama Calon wakil presiden dari Partai Republik Senator Ohio JD Vance saat Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Selasa (16/7/2024). Mantan presiden AS Donald Trump mengumumkan Senator Ohio JD Vance sebagai calon wakil presiden dan Wakil Presiden yang dipilihnya untuk pemilu November mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Seorang tersangka ditahan dan sebuah senapan serbu jenis AK-47 serta teropong ditemukan di lapangan golf Donald Trump di Florida pada Ahad sore. FBI menyebut hal itu sebagai percobaan pembunuhan terhadap mantan presiden Trump.

Menurut laporan the Guardian, seorang agen Dinas Rahasia AS melihat moncong senjata api menyembul melalui pagar di kawasan hutan di klub Trump International di West Palm Beach, tempat Trump bermain.

Baca Juga

"Agen tersebut, yang merupakan bagian dari tim keamanan yang mengawasi jalur di depan Trump, melepaskan tembakan dan tersangka melarikan diri," kata sheriff wilayah Palm Beach, Ric Bradshaw.

Belakangan pelaku berhasil ditangkap. Orang yang ditahan sehubungan dengan percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump adalah Ryan Wesley Routh.Demikian menurut tiga sumber penegak hukum seperti dilansir CNN.

Namun putra dari orang yang ditahan setelah insiden penembakan mengatakan kepada CNN bahwa dia berharap semua kasus ini hanya dibesar-besarkan saja di luar proporsi. Ayahnya, kata ia, tidak melakukan sesuatu yang gila secara berlebihan.

Menurut Oran Routh, putra Ryan Routh, ayahnya penyayang, perhatian, dan pekerja keras. “Ryan adalah ayah saya, dan saya tidak memiliki komentar apa pun selain profil karakternya sebagai ayah yang penuh kasih dan perhatian, serta pria yang jujur ​​dan pekerja keras," ujarnya.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi di Florida, dan saya berharap hal-hal tersebut menjadi tidak proporsional, karena dari sedikit yang saya dengar, sepertinya orang yang saya kenal tidak melakukan tindakan gila, apalagi kekerasan."

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia “aman dan baik-baik saja” setelah dilaporkan ada suara tembakan di sekitarnya saat dia bermain golf di resornya di Florida.

FBI mengatakan pihaknya sedang “menyelidiki apa yang tampaknya merupakan percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump”, dalam insiden yang menurut Dinas Rahasia terjadi sebelum pukul 14.00 waktu setempat (18:00 GMT) pada hari Minggu.

“Saya aman dan baik-baik saja, dan tidak ada yang terluka. Bersyukur!" kata Trump dalam pernyataan di situsnya.

“Tetapi, ada orang-orang di dunia ini yang akan melakukan apa pun untuk menghentikan kita,” tambah calon presiden dari Partai Republik itu. “Aku tidak akan berhenti berjuang untukmu. Saya tidak akan pernah menyerah."

FBI menyelidiki percobaan pembunuhan

Dalam sebuah pernyataan, FBI mengatakan sedang menyelidiki apa yang tampaknya merupakan percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump”.

Trump sedang bermain golf di lapangan West Palm Beach miliknya, tidak jauh dari kediamannya di Mar-a-Lago, sehari sebelum kampanye presiden, menurut beberapa laporan media.

Pada konferensi pers bersama dengan FBI, Dinas Rahasia, dan pejabat setempat, para pejabat mengatakan bahwa seorang agen Dinas Rahasia, yang berada satu lubang di depan Trump di lapangan golf, melihat seseorang dengan senjata api dan menembak ke arahnya.

Tidak jelas apakah tersangka membalas tembakan ke arah agen tersebut, tambah para pejabat.

Sheriff Palm County mengatakan tersangka berada 400 hingga 500 yard (365 hingga 457 meter) dari Trump dan tampaknya dia berusaha memfilmkan dirinya sendiri.

Tersangka melarikan diri dari kawasan hutan dengan kendaraan hitam, namun dengan cepat ditemukan dan ditahan oleh lembaga penegak hukum, tambah para pejabat.

Sebuah ransel, kamera GoPro, senjata api dan senapan jenis AK-47 ditemukan dari lokasi kejadian, kata para pejabat.

Gedung Putih menyatakan kekerasan tidak mempunyai tempat di Amerika.

Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, calon presiden dari Partai Demokrat, telah diberi pengarahan dan akan terus mendapat informasi terkini mengenai penyelidikan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement