Selasa 10 Sep 2024 09:14 WIB

Astronaut Starliner Terdampar di Luar Angkasa, Ini Cara Mereka Makan, Tidur & Pup

Mereka tinggal di ISS bersama tujuh astronaut dari misi lain.

Dalam foto yang disediakan oleh NASA ini, Boeing dan tim NASA bekerja di sekitar pesawat ruang angkasa Boeing Crew Flight Test Starliner milik NASA setelah mendarat tanpa awak, Jumat, 6 September 2024, di White Sands, New Mexico, setelah lepas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.
Foto:

Williams membahas detail kehidupan luar angkasa yang lebih mendalam di saluran YouTube NASA yang tidak muncul dalam film-film tentang luar angkasa.  Dalam video yang direkam pada tahun 2012, Williams memamerkan toilet antigrafitasi, yang agak mirip dengan toilet yang mungkin Anda lihat di pesawat terbang.

Perbedaannya adalah ada dua tabung terpisah untuk masuk - satu untuk urine dan satu untuk tinja. Tabung urine, yang berwarna kuning, menempel di dinding dan hampir tampak seperti penyedot debu. Tabung tersebut memang berfungsi sebagai penyedot untuk mencegah gravitasi menyebabkan kebocoran.

Tabung untuk tinja tampak lebih seperti toilet biasa, dengan dudukan juga - meskipun Anda harus berpegangan pada pegangan di dinding di sebelahnya agar tidak melayang saat Anda melakukannya.

Sisi positifnya, ada sekitar setengah lusin jenis tisu toilet yang dimasukkan ke dalam kantong di dinding toilet, termasuk tisu basah dan tisu desinfektan untuk berjaga-jaga jika "ada yang tidak beres," seperti yang dikatakan Williams.

Para astronot juga diberikan perlengkapan mandi yang disertai dengan sikat gigi dan pasta gigi (yang harus ditelan atau diludahkan ke tisu) dan sikat rambut - yang menurut Williams tidak ada gunanya di luar angkasa karena gravitasi terus-menerus menjaga rambut Anda tetap tegak.

photo
Boeings Starliner - (AP)

Kapan mereka tidur?

Astronaut dapat tidur di lantai, di dinding, atau di langit-langit. Tidak adanya gravitasi, membuat kru tidak pernah merasa seperti sedang berbaring. Tidak ada bedanya apakah mereka berada di lantai, berdiri, atau terbalik - semuanya terasa sama.

Jadi, ISS memiliki stasiun tidur seukuran bilik telepon yang dapat dimasuki kru, yang terdiri dari kantong tidur dan bantal di lantai, dinding, dan langit-langit.

Waktu senggang

Ketika mereka tidak melakukan eksperimen luar angkasa, kru dapat menikmati pemandangan bumi dari dek observatorium stasiun, atau menuju ke Advanced Resistive Exercise Device (ARED) di simpul Tranquility - istilah keren untuk peralatan olahraga.

ARED menawarkan latihan tubuh bagian atas dan bawah tradisional, seperti squat, dead lift, heel raises, bicep curls, dan bench press dengan menggunakan tabung vakum untuk meniru beban di pusat kebugaran.

Awak pesawat didorong untuk menggunakannya selama tinggal di luar angkasa, karena kehilangan otot dan tulang umum terjadi pada misi yang panjang.

Bagaimana perasaan mereka?

Mereka adalah kapten angkatan laut yang sudah pensiun dan astronaut NASA yang sudah lama bertugas di stasiun luar angkasa. Wilmore, 61, dan  Williams, 58, mengatakan bahwa saat melakukan uji terbang ini, mereka berharap dapat belajar banyak tentang Starliner dan cara pengoperasiannya.

Pada konferensi pers satu-satunya mereka dari luar angkasa pada Juli lalu, mereka meyakinkan wartawan bahwa mereka tetap sibuk, membantu perbaikan dan penelitian. Mereka menyatakan keyakinannya pada semua pengujian Starliner yang berlangsung di balik layar.

"Saya memiliki firasat yang sangat baik di hati saya bahwa pesawat luar angkasa akan membawa kita pulang, tidak masalah," kata Williams kepada wartawan.

"Mantra yang Anda dengar, 'Kegagalan bukanlah pilihan,' itulah sebabnya kami tinggal di sini sekarang," kata Wilmore.

"Kami percaya bahwa pengujian yang kami lakukan adalah pengujian yang perlu kami lakukan untuk mendapatkan jawaban yang tepat, untuk memberi kami data yang kami butuhkan untuk kembali."

Istri Wilmore, Deanna, mengatakan kepada AP pada awal Agustus bahwa suaminya puas di stasiun luar angkasa. Deanna pun mengaku tidak khawatir atau gelisah akan kondisi suaminya.

Dia mengatakan Wilmore, yang merupakan penatua lama di sebuah gereja di Texas, memiliki keyakinan bahwa Tuhan memegang kendali, dan bahwa ini memberikan "kedamaian yang luar biasa" bagi keluarganya.

 

Dalam pembaruan terbarunya, NASA mengatakan bahwa Ibu Williams dan Tn. Wilmore mendukung rencana untuk kembali dengan pesawat luar angkasa SpaceX "sepenuhnya".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement