Senin 09 Sep 2024 05:03 WIB

Warga Palangka Raya Tengah Cemas, Marak Pembakaran Rumah atau Kios Kosong oleh OTK

Warga menduga ada orang yang sengaja melakukan pembakaran rumah atau kios kosong.

Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Warga Palangka Raya Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah belakangan diliputi rasa cemas adanya teror pembakaran rumah atau kios kosong yang ditinggal pemiliknya. Contohnya, seperti terjadi di Jalan Bukit Keminting VII, Kecamatan Jekan Raya pada Ahad (8/9/2024) dini hari sekitar pukul 01.17 WIB.

"Sebelumnya sebuah kios kosong yang lama ditinggal pemiliknya di jalan yang sama hampir hangus terbakar pada Sabtu (7/9/2024) sekitar pukul 22.58 WIB, namun api berhasil dipadamkan warga," kata Kasi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Bidang Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Palangka Raya, Sucipto, Ahad.

Baca Juga

Tidak berselang lama, sekitar pukul 01.17 WIB pihaknya kembali menerima laporan dari warga terkait adanya kios makanan yang terbakar di Jalan yang sama, yakni Jalan Bukit Keminting VII. Berdasarkan keterangan pemilik kios, kejadian tersebut berawal pada saat pemilik kios mencium adanya bau asap dari bagian luar rumah.

"Pada saat diperiksa, ternyata pada pintu kios di bagian belakang api telah menyala dan mulai membakar kios yang berkonstruksi kayu," ucapnya.

Sucipto menceritakan, pemilik kios kemudian membangunkan keluarganya yang pada saat kejadian tengah tertidur pulas, serta bergegas meminta pertolongan warga sekitar. Beruntungnya atas bantuan warga sekitar api dapat dipadamkan dan tidak sampai membakar kios tersebut. Namun ada keganjilan terjadi. Saat pemilik kios tengah memadamkan api, dia melihat ada seorang pria yang berlari dari bagian belakang kios miliknya.

"Kemudian pemilik kios bersama warga berusaha mengejar OTK (orang tidak dikenal) tersebut, namun kehilangan jejak dan OTK tersebut berhasil melarikan diri," ujar Sucipto.

Kejadian inilah yang kemudian memunculkan dugaan ada orang yang sengaja hendak membakar. Dugaan itu semakin kuat lantaran setelah api berhasil dipadamkan, terdapat barang bukti yang mengarah pada kebakaran tersebut diduga sengaja dilakukan.

Hal itu usai ditemukan adanya bekas lelehan lilin serta sepatu pemilik kios yang diduga digunakan OTK untuk membakar kios tersebut.

"Tetapi kami tidak bisa menyebutkan apakah ini memang sengaja dibakar atau tidak. Kita serahkan proses penyelidikan kepada kepolisian saja untuk mengungkapnya," tuturnya.

Sementara itu, Kanit Jatanras Polresta Palangka Raya, Ipda Helmi belum dapat memastikan apakah peristiwa kebakaran ini terdapat indikasi kesengajaan atau tidak. Pihaknya kini masih melalukan proses olah TKP dan mengumpulkan barang bukti serta meminta keterangan dari saksi-saksi yang berada di lokasi kejadian.

"Kita saat ini tengah mendalami dan melakukan penyelidikan terkait peristiwa ini. Kalau benar sengaja dibakar oleh seseorang, kami pastikan pelaku akan segera kami tangkap," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement