Senin 02 Sep 2024 21:15 WIB

7 Layanan Publik di Israel yang Mengalami Pemogokan Massal, Negara Zionis Itu Oleng?

Para pekerja melakukan mogok massal protes pemerintah

Orang-orang mengambil bagian dalam protes yang menyerukan kesepakatan senjata untuk segera pembebasan sandera yang ditahan di Jalur Gaza di Tel Aviv, Israel, Ahad, 1 September 2024.
Foto: .AP Photo/Ariel Schalit
Orang-orang mengambil bagian dalam protes yang menyerukan kesepakatan senjata untuk segera pembebasan sandera yang ditahan di Jalur Gaza di Tel Aviv, Israel, Ahad, 1 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV-Pemogokan umum mulai diberlakukan di Israel pada hari Senin (1/9/2024) pagi sebagai bentuk solidaritas terhadap keluarga-keluarga para tahanan yang ditahan di Jalur Gaza dan menentang pemerintah Benjamin Netanyahu yang menghalangi kesepakatan pertukaran tahanan untuk mengembalikan mereka.

Otoritas lokal, kotamadya, universitas, sekolah, transportasi umum dan sejumlah kementerian berpartisipasi dalam aksi mogok kerja, sementara Bandara Ben Gurion mengalami kekacauan setelah para pekerja dan maskapai penerbangan Israel memutuskan untuk melanjutkan aksi mogok kerja.

Baca Juga

Radio Angkatan Darat Israel mengutip seorang hakim pengadilan tenaga kerja yang mengatakan bahwa pengadilan menerima proposal federasi serikat buruh Histadrut mengenai pemogokan dan tidak akan mengeluarkan surat perintah penangkapan.

Berikut ini adalah sektor-sektor yang paling menonjol yang telah mengumumkan partisipasi mereka sejauh ini dalam aksi mogok yang diserukan oleh federasi buruh terbesar di Israel, sebagaimana dilansir Aljazeera, Selasa (2/9/2024):

Pertama, Bandara Ben Gurion

Bandara Ben Gurion menghentikan penerbangan selama dua jam, mulai pukul 8 pagi, sebagai tanggapan atas pemogokan yang diserukan oleh pemimpin serikat buruh Arnon Bar-David pada hari Minggu.

Beberapa layanan di bandara utama Israel ditangguhkan selama dan setelah pemogokan, menurut Reuters, sementara Channel 12 melaporkan bahwa para pekerja di Bandara Ben Gurion dan maskapai-maskapai penerbangan Israel memutuskan untuk melanjutkan pemogokan, di tengah-tengah kekacauan di bandara.

Haaretz melaporkan bahwa bandara tersebut kembali beroperasi setelah pemogokan selama dua jam sebagai bagian dari pemogokan umum.

Yedioth Ahronoth melaporkan antrean panjang di Bandara Ben Gurion setelah pengumuman pemogokan umum.

Pengangkut bagasi diparkir di Bandara Ben Gurion dan puluhan koper ditumpuk di aula keberangkatan, dan staf bandara dikutip mengatakan bahwa tidak akan ada penerbangan sampai malam ini.

Kedua, kereta dan bus

Layanan bus dan kereta ringan ditangguhkan di banyak daerah, dan beberapa terus beroperasi, tetapi hanya sebagian.

Halaman selanjutnya ➡️

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement