Ahad 01 Sep 2024 19:48 WIB

Timnas Indonesia U-20 Takluk dari Korsel pada Laga Penutup Seoul Earth on Us Cup 2024

Indonesia memetik satu kemenangan dari tiga laga Seoul Earth on Us Cup 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Laga timnas Indonesia U-20 vs Korea Selatan U-20 di turnamen Seoul Earth on Us Cup 2024.
Foto: dok PSSI
Laga timnas Indonesia U-20 vs Korea Selatan U-20 di turnamen Seoul Earth on Us Cup 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Timnas Indonesia U-20 menutup ajang Seoul Earth on Us Cup 2024 dengan kekalahan. Menghadapi tuan rumah Korea Selatan, tim asuhan Indra Sjafri takluk 0-3 pada laga di Mokdong Stadium, Seoul, Ahad (1/9/2024).

Tiga gol Korsel semuanya dicetak pada babak pertama. Walau pada babak kedua tuan rumah masih dominan, setidaknya ada peningkatan dari timnas U-20 yang bisa menciptakan peluang di kotak penalti Korsel.

Baca Juga

Jalannya laga

Laga baru berlangsung lima menit gawang Indonesia sudah kebobolan. Menit kelima, Shin Minha membawa Korsel memimpin 1-0. Pemain bernomor 20 ini menyambut tendangan pojok dengan sundulan, sama sekali tak terkawal para pemain Indonesia. Ia dengan nyaman melepaskan tandukan yang langsung merobek gawang Indonesia yang dikawal kiper Ikram Algiffari.

 

Korsel menggandakan keunggulan pada menit ke-25 menjadi 2-0. Kim Taewon memanfaatkan umpan pendek dalam kotak penalti. Datang dari lini kedua, Kim langsung melepaskan tendangan ke gawang Indonesia yang tak bisa diselamatkan Ikram.

Menit ke-31, Hong Seukhyun memperbesar keunggulan menjadi 3-0 untuk Korsel. Kembali gol diawali dari tendangan penjuru, Ikram yang mencoba memotong bola tak dapat menggapai. Justru Seukhyun yang bisa menyongsong bola dengan mudah untuk mencetak gol.

Indonesia berusaha memperkecil ketertinggalannya. Namun hingga babak pertama usai, kedudukan tak berubah.

Pada menit ke-50, Korsel memberikan ancaman pertama pada babak kedua melalui tembakan kaki kiri dari Kim Hyunwoo yang mendapat bola liar. Beruntung, tendangannya masih melebar di kiri gawang Ikram.

Menit ke-56 sebuah benturan terjadi. Pemain Indonesia Camara Ousmane Maiket harus ditandu keluar lapangan. Posisinya digantikan oleh Muhammad Ragil.

Menit ke-59, Korea Selatan kembali menebar ancaman melalui Park Subeen, tendangan dari dalam kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Ikram.

Menit ke-63, Kim Gyeol nyaris memperbesar keunggulan tuan rumah. Namun, tendangannya dari kotak penalti masih bisa ditangkap Ikram.

Menit ke-72 Riski Afrisal melepaskan umpan jauh, yang disambut Buffon, tapi tendangannya masih menyamping. Ini sentuhan bola pertama pemain Indonesia di kotak penalti. Semenit kemudian, Riski Afrisal yang melepaskan sepakan dari kotak penalti. tapi masih bisa ditepis kiper Korsel.

Menit ke-74, Ikram kembali melakukan kesalahan saat berusaha untuk memotong bola di luar kotak penalti tetapi gagal. Beruntung masih ada Dony Tri Pamungkas yang menggangu pemain tuan rumah. Dony berhasil membuang bola.

Menit ke-87, Meshaal Hamzah melakukan penyelamatan gemilang. Tendangan pemain Korsel masih dihalaunya. Menit ke-90 tendangan Riski Afrisal dari luar kotak penalti masih jauh melambung. Hingga laga usai skor tetap bertahan 3-0 untuk tuan rumah.

Selanjutnya skuad Garuda Muda akan kembali ke Jakarta untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 tahun 2025 yang akan berlangsung pada 25-29 September 2024.

Di kualifikasi yang akan digelar di Stadion Madya Senayan Jakarta, tim asuhan Indra Sjafri tergabung di Grup F bersama dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. Hanya juara grup yang akan lolos ke Piala Asia U-20 tahun 2025. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement