Sabtu 31 Aug 2024 10:07 WIB

Gedung AMANAH untuk Mendorong Pembangunan dan Pemberdayaan Generasi Muda di Aceh

Gedung AMANAH juga dimanfaatkan untuk sarana berdiskusi.

Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH)
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -– Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) yang berlokasi di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, Aceh Besar merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mendorong pembangunan dan memberdayakan generasi muda di Aceh. Proyek senilai Rp120 miliar ini sepenuhnya didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Lokasi berdirinya Gedung AMANAH di KIA Ladong membuktikan jika investasi di Aceh semakin aman dan kondusif. Hal ini juga mendorong berdirinya gedung-gedung lain yang memiliki peran strategis di sekitar Gedung AMANAH. Secara tidak langsung, berdirinya Gedung AMANAH ikut mendorong pembangunan di sekitar KIA Ladong.

Baca Juga

Kepala Dinas Perindag Aceh, Muhammad Tanwier, mengatakan keberadaan Gedung AMANAH akan membantu meningkatkan ekonomi kerakyatan, karena nantinya akan menyerap tenaga kerja di masa mendatang dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Banyak misi yang dibawa oleh AMANAH, terutama terkait dengan isu tenaga kerja serta meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ucap pria yang akrab disapa Baong ini.

Selain sebagai pusat kreatif bagi generasi muda, gedung AMANAH ini nantinya juga akan menjadi rumah produksi bersama untuk memberdayakan tenaga kerja terampil.

“Dengan konsep usaha terpadu itu, gedung pusat industri UMKM AMANAH akan menjadi solusi dari masalah penampungan tenaga kerja di Aceh, terutama tenaga terampil dengan kualifikasi yang mumpuni. Kita ingin menjadikan gedung itu menjadi sentra UMKM terpadu dengan membuka akses pasar seluas-luasnya,” tutup Baong.

Gedung AMANAH juga dimanfaatkan untuk sarana berdiskusi dan memfasilitasi anak muda Aceh agar dapat mengembangkan teknologi dan kreativitas mereka melalui talkshow-talkshow yang akan digelar.

Seperti salah satu talkshow yang diselenggarakan oleh AMANAH yang mengangkat tema "Teknologi Jadi Cuan, Kenapa Tidak?". Aktor film, Dennis Adhiswara, yang menjadi narasumber dalam talkshow ini menyampaikan keyakinannya bahwa dukungan terhadap startup lokal kreasi anak muda adalah langkah strategis dalam memberdayakan ekosistem teknologi di Aceh.

“Dengan memberikan perhatian dan sumber daya yang memadai, akan lebih banyak lagi inovasi-inovasi berkelas dunia dapat muncul dari daerah Aceh.” Kata Dennis.

Dengan dibangunnya Gedung AMANAH di Aceh, diharapkan dapat memfasilitasi serta memberdayakan semua potensi anak muda yang ada di Aceh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement