Sabtu 24 Aug 2024 18:28 WIB

Soal Pilgub DKI Jakarta, Anies: Tunggu Keputusan DPP PDIP

Anies mengaku belum bisa memastikan langkahnya di Pilgub DKI Jakarta.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolandha
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjabat tangan dengan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja usai bersilaturahmi di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024).  Kunjungan silahturahmi Anies tersebut salah satunya membahas terkait Pilkada Jakarta mendatang.
Foto: Republika/Prayogi
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjabat tangan dengan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja usai bersilaturahmi di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024). Kunjungan silahturahmi Anies tersebut salah satunya membahas terkait Pilkada Jakarta mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang pendaftaran calon kepala daerah di Pilkada 2024, Anies Baswedan berkunjung ke Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024). Kunjungan itu tak lain dilakukan untuk membahas persiapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Anies mengaku belum bisa memastikan langkahnya di Pilgub DKI Jakarta. Ia masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP terkait nama pasti yang akan diusung partai berlambang kepala banteng itu di Jakarta. 

Baca Juga

"Hal yang menyangkut pilkada tentu kami obrolkan, tapi kami semua menunggu apa yang menjadi keputusan. Karena semuanya di luar kewenangan kami,” kata di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Jakarta Timur, Sabtu.

Ia menambahkan, kunjungannya ke PDIP DKI itu tak hanya membahas tentang pilkada. Menurut dia, pihaknya lebih banyak membahas mengenai masa depan Jakarta.

“kami berbicara tentang bagaimana agar pemikiran-pemikiran kebangsaan, pemikiran tentang Bung Karno, keindonesiaan, keagamaan, itu kita berjalan seiring dan membuat suasana di jakarta aman, teduh, damai. Kita bicara juga soal keberpihakan kepada mereka yang kecil, yang lemah,” ungkap Anies 

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi langkah konsiten PDIP dalam menjaga konstitusi dan demokrasi Indonesia. Ia menilai, konsistensi itu harus dihormati dan dihargai dalam kehidupan bernegara. 

“Kita menyaksikan beberapa hari terakhir, dimana kehidupan kebangsaan kita, kehidupan kenegaraan kita mengalami ujian. Dalam situasi ujian seperti itu, kita menyaksikan siapa yang konsisten,” kata Anies. 

Ia juga mengapresiasi gerakan masyarakat dan mahasiswa yang turun langsung mencegah terjadinya penyimpangan. Apalagi, gerakan itu tercipta secara organik tanpa ada komando dari pihak tertentu. 

“Sikap civil society, sikap mahasiswa, bahkan ada anak-anak STM juga, anak SMA, yang ikut datang ke jalan itu menunjukkan kita masih punya stok pejuang yang banyak,” kata dia.

Anies berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta di Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024) siang. Kedatangan Anies disambut oleh Wakil Sekretaris Bidang Internal Bambang Mujiono dan sejumlah petinggi DPD PDIP Jakarta.

Kedatangan Anies didampingi Sahrin Hamid dan Tom Lembong. Tiga orang itu langsung bersalaman dan berpelukan dengan sejumlah petinggi DPD PDIP DKI Jakarta.

“Selamat datang Pak Anies,” ucap Bambang kepada Anies dan rombongan. 

Sebelum masuk ke dalam kantor DPD PDIP, Anies sempat meminta izin untuk shalat zuhur berjamaah dengan kader PDIP. Anies pun ditunjukkan letak mushola di kantor partai berlambang banteng itu.

“Boleh pak silahkan ada musala di ujung, kita sekalian saja jamaah,” kata Bambang.

Bayu Adji P 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement