Rabu 14 Aug 2024 10:51 WIB

Keributan Warganet RI-Malaysia Soal Emas Olimpiade Masih Berlanjut, Noordin M Top Terseret

Warganet Malaysia pamer layanan autogate di Schiphol meski negaranya tak meraih emas.

Lifter Indonesia Rizky Juniansyah (tengah) membawa bendera Merah Putih saat mengikuti penutupan Olimpiade Paris 2024 di Stadion Stade de France, Paris, Prancis, Ahad (11/8/2024). Pada Olimpiade Paris 2024, Indonesia berada di urutan 39 dengan perolehan medali 2 emas dan 1 perunggu, sementara olimpiade selanjutnya akan dilakasanakan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2028.
Foto:

Akademisi dari Universitas Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, Mohd Sadek Mustafa berpandangan sudah tiba saatnya bagi Malaysia untuk melirik cabang olahraga lain daripada hanya fokus ke cabang olahraga tertentu yang populer. Ia berpandangan, Malaysia perlu menjadikan negara tetangga seperti Indonesia sebagai contoh, yang mampu meraih emas dari panjat tebing dan angkat besi, saat bulu tangkis tidak bisa meneruskan tradisi emas.

"Kita tak usah pergi jauh dan jadikan Indonesia sebagai contoh. Olimpiade ini (Paris 2024) mereka tak dapat emas dari badminton tapi dapat dari angkat besi dan panjat dinding," kata Mustafa kepada Bernama, Selasa (13/8/2024).

“Kita juga boleh melirik olahraga-olahraga berpotensi meraih emas seperti kano dan kayak, karena kita ada atlet-atlet berbakat dan fasilitas yang bagus. Olahraga itu tidak bertumpu pada aspek fisik tapi juga teknologi alat bantu olahraga itu," ujarnya menambahkan.

Sadek juga menyarankan negaranya mencontoh bagaimana negara seperti China menerapkan metode dalam pembinaan atlet. Ia menyoroti perekrutan atlet di tiap cabang olahraga selain pembibitan usia muda.

"Harus ada perubahan dari segi mentalitas. Pelatih-pelatih di level nasional harus punya faktor X. Contoh, pelatih seperti Pep Guardiola menerapkan data dan analisis dalam pendekatan pelatihannya. Kita butuh pelatih yang bisa mematok prestasi atlet mereka sebagai prioritas utama," kata Sadek dikutip New Straits Times.

In Picture: Tiba di Tanah Air, Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Paris Disambut Meriah

photo
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement