Rabu 14 Aug 2024 10:28 WIB

Dorong Peningkatan Kualitas SDM, Eva Dwiana Resmikan Pembangunan GOR Siger

Pemkot Bandar Lampung juga akan bangun lima sekolah pada 2025.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana (tengah) . -foto ilustrasi-
Foto: istimewa/doc humas
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana (tengah) . -foto ilustrasi-

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, akan meresmikan pembangunan Gelanggang Olahraga Rakyat (GOR) Siger Bandar Lampung, Kecamatan Way Halim, pada September 2024. Tidak itu saja, tahun depan, Pemkot Bandar Lampung bakal membangun sedikitnya empat sekolah setingkat SMA/SMK.

Eva Dwiana atau biasa disapa warga dengan panggilan Bunda Eva mengatakan, ini merupakan upaya keberpihakan pemkot pada peningkatan kualitas SDM.  “Ini bagian dari rencana kami dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Warga harus terpelihara kesehatan, dan kebugarannya, tentu selain terjamin pendidikannya ,” kata Eva Dwiana dalam siaran pers, Rabu (14/8/2024).

GOR yang bakal menjadi pusat kegiatan olah raga masyarakat ini akan menempati areal seluas 1 hektare. GOR berkapasitas 2.600 orangini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas. Di antaranya ruangan Dekranasda, KONI Bandar Lampung, gym, dan lapangan GOR untuk beberapa cabang olahraga. Mulai dari basket, futsal, bulu tangkis, dan voli dengan lapangan berbahan vynil.

Untuk membangunnya, Pemkot Bandar Lampung menggelontorkan dana Rp.40 miliar dalam dua tahap. Pertama, Rp.20 miliar, dan tahap kedua juga Rp.20 miliar yang bersumber dari APBD murni 2024.

Eva Dwiana mempersilahkan para atlet, dan masyarakat umum memanfaatkan GOR ini dengan segala fasilitas pendukungnya. Silahkan para atlet melakukan pelatihan atau pun try out. “Jadi gak usah latihan jauh-jauh, di sini sudah ada GOR. Harapannya bisa menumbuhkan bibit atlet baru,” ungkapnya.

Ke depan, lanjut Bunda Eva, fasilitas GOR Siger akan dilengkapi bangunan ruko untuk para pelaku UMKM. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan para atlet, atau masyarakat yang akan memanfaatkan fasilitas olahraga itu. 

“Kami harapkan gedung ini dimanfaatkan para atlet dan juga masyarakat. Ingat, ini harus bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat Bandar Lampung,” kata Bunda Eva saat meninjau pembangunan GOR Siger, Senin, 12 Agustus 2024.

Selain pembangunan GOR, menurut Eva, pada 2025, Pemkot Bandar Lampung berencana membangun empat sekolah swasta untuk jenjang SMA dan SMK. Sekolah milik pemkot ini diharapkan dapat menampung warga yang gagal masuk SMAN, atau SMKN yang menggunakan zonasi.

Agar semua berjalan sesuai aturan, kata Eva, Pemkot meminta pendapat dari Kajari, BPKP, Kapolresta dan Dandim serta Forkopimda. Ia erharap rencana mewujudkan sekolah gratis ini berjalan lancar, sehingga semua anak muda, remaja, bisa menikmati pendidikan yang baik. "Targetnya satu sekolah bisa menampung warga dari 5 kecamatan," kata Bunda Eva.

Pengamat pendidikan yang juga Guru Besar Unila,  Prof. Undang Rosidin, mengatakan pemda bisa saja membangun sekolah swasta. Namun, yang harus dipastikan adalah keberlanjutan sekolah itu agar nantinya tidak mangkrak.

Karena itu, lanjut Undang, meski dari sisi aturan boleh saja, tapi harus diikuti perencanaan yang matang. Karena, yang harus dipikirkan adalah keberlanjutan. Perlu dipastikan, agar program bagus itu terus berlanjut, siapa pun pemimpinnya di masa-masa mendatang.

Menurut Undang Rosidin, perlu disiapkan satu yayasan untuk menaungi sekolah itu. Ia mencontohkan,hal itu sudah pernah dilakukan di sekolah Al Kautsar. “Kalau sekolah swasta itu memang didirikan oleh yayasan, agar jelas aturan terkait kelembagaannya. Itu paling mungkin, seperti Al kautsar dulunya juga diinisiasi oleh pemprov,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement