Selasa 13 Aug 2024 10:41 WIB

Bernama Ulas 'Kuda Tua' Biang Keladi Kegagalan Malaysia Raih Emas Olimpiade, Perlu Tiru RI

Pengamat olahraga di Malaysia menilai perlu menjadikan Indonesia sebagai contoh.

Rep: Andri/ Red: Andri Saubani
Bendera Malaysia (ilustrasi)
Foto:

Di Olimpiade Paris 2024, Malaysia 'hanya' berhasil meraih dua medali perunggu dari cabang bulu tangkis. Yani dari tunggal putra Lee Zii Jia dan pasangan ganda putra Aaron Chia-Soh Wooi Yik.

Pencapaian itu dilihat masih kurang memuaskan dibandingkan edisi Olimpiade Tokyo, di mana Malaysia masih mampu meraih satu perak yang diraih Mohd Azizulhasni dan satu perunggu dari Aaron-Wooi Yik. Asan berpandangan, sudah saatnya bagi para pemegang tampuk pimpinan federasi olahraga di Malaysia untuk melakukan perombakan dan memberikan peluang bagi muka-muka baru menjadi atlet olimpiade.

"Satu lagi penyebab kita gagal membawa pulang emas adalah kita memberi kepercayaan kepada orang yang sama, padahal mereka ini gagal untuk membawa olahraga ke tempat lebih tinggi dari sebelumnya dan juga federasi yang mereka pimpin," kata Ahsan.

Sementara itu, akademisi dari Universitas Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, Mohd Sadek Mustafa berpandangan sudah tiba saatnya bagi Malaysia untuk melirik cabang olahraga lain daripada hanya fokus ke cabang olahraga tertentu yang populer. Ia berpandangan, Malaysia perlu menjadikan negara tetangga seperti Indonesia sebagai contoh, yang mampu meraih emas dari panjat tebing dan angkat besi, saat bulu tangkis tidak bisa meneruskan tradisi emas.

"Kita tak usah pergi jauh dan jadikan Indonesia sebagai contoh. Olimpiade ini (Paris 2024) mereka tak dapat emas dari badminton tapi dapat dari angkat besi dan panjat dinding," kata Mustafa.

“Kita juga boleh melirik olahraga-olahraga berpotensi meraih emas seperti kano dan kayak, karena kita ada atlet-atlet berbakat dan fasilitas yang bagus. Olahraga itu tidak bertumpu pada aspek fisik tapi juga teknologi alat bantu olahraga itu," ujarnya menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement