Ahad 11 Aug 2024 10:44 WIB

Saka Tatal Tahu Sumpah Pocong tak Pengaruhi Putusan PK, Tapi Tujuan Utamanya Ini Tercapai

Saka Tatal diketahui telah selesai menjalani sumpah pocong pada Jumat (9/8/2024).

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Mas Alamil Huda
Saka Tatal jalani sumpah pocong pada Jumat (9/8/2024).
Foto:

Mantan kuasa hukum Pegi Setiawan, Toni RM mengatakan, sumpah pocong tidak mempengaruhi proses hukum terhadap Saka Tatal, yang kini sedang menunggu putusan MA terhadap PK yang diajukannya. Begitu pula jika Rudiana mau melakukan sumpah pocong, juga tidak akan berpengaruh terhadap proses hukumnya.

‘’Tetapi ini karena sudah diyakini oleh masyarakat bahwa sumpah pocong itu diperlukan, makanya Rudiana seharusnya melakukan sumpah pocong. Apalagi dia sebagai korban, karena korban itu merasa benar, harusnya dibawa kemana pun ayo, termasuk sumpah pocong,’’ tukas Toni.

Dia menilai, Mabes Polri lambat dalam pengungkapan kasus Vina dan Eky yang sebenarnya sehingga saka Tatal mencari kebenaran dengan jalannya sendiri. ‘’Sumpah pocong yang dilakukan oleh Saka Tatal dengan dihadiri ribuan orang kemarin, ini menurut saya pukulan telak bagi Polri,’’ kata Toni.

Toni menjelaskan, Mabes Polri disebut sudah membentuk tim khusus yang dibentuk oleh kapolri, dan sedang melakukan penyelidikan dari nol. Penyelidikan dari hulu kasus Vina Eky itu untuk mencari titik terang dan kepastian kasus apa yang sebenarnya terjadi pada 2016.

‘’Apakah pembunuhan, apakah kecelakaan lalu lintas, apakah kecelakaan lalu lintas kemudian dihabisi oleh pelaku? Ini tidak kunjung segera diumumkan oleh Mabes Polri,’’ ucap Toni.

Dengan lambatnya Mabes Polri dalam menangani kasus Vina Eky yang sebenarnya, lanjut Toni, akhirnya masyarakat mencari keadilan dengan jalannya sendiri, yaitu melakukan sumpah pocong. ‘’Jadi seharusnya Kapolri ini malu melihat ribuan masyarakat menyaksikan sumpah pocong untuk mencari kebenaran,’’ tukas Toni.

Toni menambahkan, harusnya kepolisian yang tugasnya mencari kebenaran, segera mengumumkannya. ‘’Nah ini, gara-gara lambat, akhirnya masyarakat mencari kebenaran dengan jalannya sendiri. Segeralah Mabes Polri umumkan, agar jelas status Rudiana itu bagaimana,’’ tukas Toni.

photo
Kejanggalan kasus Vina Cirebon. - (Republika)

Rudiana menantang, Rudiana tak datang.. baca di halaman selanjutnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement