Rabu 07 Aug 2024 06:35 WIB

Atletico Setuju Bayar Rp 1,67 Trilun untuk Datangkan Julian ALvarez dari Manchester City

Pembayaran untuk Julian Alvarez dilakukan dua kali.

Julian Alvarez Manchester City
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Julian Alvarez Manchester City

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atletico Madrid telah menyetujui kesepakatan senilai 95 juta euro (Rp 1,67 triliun) untuk mendatangkan penyerang Manchester City, Julian Alvarez. Biaya tersebut terdiri dari 75 juta euro di awal dengan tambahan 20 juta euro sebagai tambahan.

Ini akan menjadi rekor penjualan untuk City, melampaui 58 juta euro yang dibayarkan Chelsea untuk Raheem Sterling pada 2022. Alvarez mengatakan akan menunggu sampai keterlibatan Argentina dalam sepak bola Olimpiade 2024 berakhir sebelum membuat keputusan tentang masa depannya. Tim ini tersingkir oleh tuan rumah Prancis pada Jumat lalu.

Baca Juga

Manajer City Pep Guardiola sangat ingin mempertahankan pemain berusia 24 tahun itu, dan mengatakan pada awal Agustus lalu bahwa ia "mengandalkan" Alvarez sebelum awal musim.

"Saya mengandalkan dia, tapi dia mengatakan dalam berita bahwa keputusan akan dibuat bersama-sama," kata Guardiola.

Namun, seperti yang telah terjadi pada masa lalu dengan Ilkay Gundogan, Riyad Mahrez dan Aymeric Laporte, City tidak akan menghalangi pemain yang ingin pergi. Atletico, yang juga telah menyetujui kesepakatan untuk merekrut gelandang Chelsea, Conor Gallagher, belum menyetujui persyaratan pribadi dengan Alvarez.

Pemain asal Argentina itu, yang bergabung dengan City pada tahun 2022 dengan nilai transfer sebesar 14,1 juta poundsterling dari River Plate, telah mencetak 36 gol dalam 106 penampilan untuk tim asuhan Guardiola.

Setelah tiba dari River Plate sebagai pemain yang tidak dikenal dengan biaya yang relatif kecil di awal tahun, Alvarez telah membuat 20 penampilan di City - tetapi kurang dari setengahnya sebagai starter.

Kenyataannya, dia tidak akan pernah menggeser Erling Haaland sebagai pemain nomor sembilan, jadi dia harus bersaing dengan pemain seperti Phil Foden, Jack Grealish, Jeremy Doku, Bernardo Silva, dan pemain lainnya untuk mendapatkan tempat utama, atau menerima peran sebagai pemain cadangan. Dan statusnya yang telah ditingkatkan berarti opsi terakhir tidak akan berhasil dalam jangka panjang.

Atletico merupakan sebuah klub besar dengan aspirasi Liga Champion dan merupakan sebuah alternatif yang menarik.

Bagi City, hal ini dapat berarti keterlibatan yang lebih besar bagi pemain baru asal Brasil berusia 20 tahun, Savinho, daripada yang diperkirakan sebelumnya setelah kedatangannya senilai 30,8 juta pound dari Troyes.

Hal ini juga dapat mendorong Guardiola untuk memperkuat skuad yang ingin memenangkan gelar Liga Primer untuk musim kelima secara beruntun yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement