Senin 05 Aug 2024 05:31 WIB

Kerusuhan Anti-Muslim Meluas di Inggris, Hotel Berisi Imigran Dibakar

PM Inggris menyebut banyak masjid dan Muslim jadi sasaran kekerasan sayap kanan.

Para pengunjuk rasa antiimigran berkumpul di luar Holiday Inn Express di Rotherham, Inggris, Ahad, 4 Agustus 2024.
Foto: Danny Lawson/PA via AP
Para pengunjuk rasa antiimigran berkumpul di luar Holiday Inn Express di Rotherham, Inggris, Ahad, 4 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Massa perusuh bertopeng sayap kanan mencoba membakar sebuah hotel yang menampung para pencari suaka di Inggris. Hal itu terjadi menyusul kerusuhan antiimigran dan anti-Muslim melias, dipicu hoaks soal pelaku penusukan beberapa waktu lalu.

Pada Ahad, unjuk rasa berujung kekerasan yang dilakukan sejak Sabtu masih terus berkobar. The Guardian melansir, sekitar 700 orang berkumpul di luar Holiday Inn Express di Rotherham, sebelum bentrok dengan polisi.

Baca Juga

Beberapa perusuh melemparkan potongan kayu, botol dan kursi, serta menyemprotkan alat pemadam kebakaran ke arah petugas polisi. Polisi South Yorkshire mengatakan sedikitnya 10 petugas terluka, termasuk satu orang yang tidak sadarkan diri karena cedera kepala.

Rekaman dari tempat kejadian menunjukkan sebuah tong sampah terbakar dan para pengunjuk rasa, beberapa di antaranya mengenakan bendera St George dan bendera serikat pekerja, meneriakkan: “Keluarkan mereka!”

Para demonstran muncul untuk menyerbu ke dalam hotel, dengan laporan adanya kebakaran di dalam, dan jendela-jendela dipecahkan.

Menteri Dalam Negeri, Yvette Cooper, mengutuk para perusuh. “Serangan kriminal dan kekerasan terhadap sebuah hotel yang menampung pencari suaka di Rotherham benar-benar mengerikan,” katanya. “Sengaja membakar gedung yang diketahui ada orang di dalamnya. “Polisi Yorkshire Selatan mendapat dukungan penuh dari pemerintah untuk mengambil tindakan tegas terhadap mereka yang bertanggung jawab.”

Rekaman dari stasiun televisi Inggris Sky News menunjukkan barisan petugas polisi dengan perisai menghadapi rentetan rudal, termasuk potongan kayu, kursi dan alat pemadam kebakaran, ketika mereka berusaha mencegah para perusuh memasuki hotel.

Satu unit helikopter polisi mengelilingi lokasi, dan setidaknya satu petugas yang terluka dengan perlengkapan antihuru-hara terbawa saat suasana berubah semakin panas.

 

Kerusuhan tersebut merupakan kerusuhan terbaru di Inggris yang telah melanda negara tersebut, menyusul penikaman di sebuah kelas dansa pekan lalu di bagian utara Inggris yang menyebabkan tiga gadis kecil meninggal dan beberapa lainnya luka-luka. Menurut pejabat polisi, rumor palsu menyebar secara online bahwa pemuda yang melakukan penikaman di Southport adalah seorang Muslim dan seorang imigran, sehingga memicu kemarahan di kalangan sayap kanan di negara tersebut.

Kepolisian melansir kemudian bahwa pelaku adalah seorang remaja berusia 17 tahun yang lahir di Inggris dan merupakan keturunan Rwanda. Rwanda sedianya bukanlah negara mayoritas Muslim.

Berbicara pada Ahad, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengatakan “tidak ada pembenaran” atas kekerasan sayap kanan, yang telah menyebabkan serangan terhadap masjid dan penyerangan terhadap Muslim dan etnis minoritas. “Orang-orang di negara ini mempunyai hak untuk merasa aman, namun kami telah melihat komunitas Muslim menjadi sasaran dan serangan terhadap masjid,” kata Starmer.

Kerusuhan meluas, baca halaman selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement