Ahad 04 Aug 2024 21:16 WIB

Imigrasi Semarang Tunda Penerbitan Ratusan Paspor, Apa Alasannya?

Ratusan pemohon paspor ini rata-rata akan berpergian ke Malaysia dan Arab Saudi.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Paspor (ilustrasi).  Kantor Imigrasi Semarang, Jawa Tengah, menunda penerbitan ratusan permohonan paspor sepanjang periode Januari hingga Agustus 2024.
Foto: REPUBLIKA/Yasin Habibi
Paspor (ilustrasi). Kantor Imigrasi Semarang, Jawa Tengah, menunda penerbitan ratusan permohonan paspor sepanjang periode Januari hingga Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kantor Imigrasi Semarang, Jawa Tengah, menunda penerbitan ratusan permohonan paspor sepanjang periode Januari hingga Agustus 2024. Kepala Imigrasi Semarang Guntur Hamonangan mengatakan pemohon yang ditunda penerbitan paspornya tersebut ada dugaan pekerja migran Indonesia yang tidak sesuai dengan prosedur.

"Ada sekitar 200 pemohon yang ditunda penerbitan paspornya," kata Guntur pada Ahad (4/8/2024).

Baca Juga

Menurut dia, para pemohon tersebut sebagian besar mengajukan pembuatan paspor untuk tujuan berlibur. Namun, saat wawancara, yang bersangkutan tidak bisa menjelaskan tujuan keberangkatannya ke luar negeri.

"Dari indikasi awal kemudian didalami, diketahui mereka akan menjadi pekerja nonprosedural," katanya.

Guntur menyebut pihaknya hanya menunda penerbitan paspor pemohon sambil menunggu kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. "Kami akan proses kembali setelah syaratnya dipenuhi," ujarnya. Ia menyebut ratusan pemohon tersebut rata-rata akan berpergian ke Malaysia dan Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement