Sabtu 03 Aug 2024 15:12 WIB

Prabowo Dinilai Telah Menjadi Referensi Bagi Presiden-Presiden Negara Lain

Hal ini menurut Sugiono bukan tanpa sebab.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersalaman dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan, Ankara, Selasa (30/7/2024).
Foto: Republika.co.id
Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersalaman dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan, Ankara, Selasa (30/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi I DPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra - Sugiono menyatakan bahwa sosok Prabowo Subianto dijadikan acuan oleh para pimpinan dari negara-negara lain diberbagai belahan dunia.

Hal ini menurut Sugiono bukan tanpa sebab mengingat saat Prabowo melakukan kunjungan kerja ke berbagai negara di benua eropa selama sepekan lalu para pimpinan-pimpinan dari negara yang dikunjungi oleh Prabowo selalu meminta pandangan dan masukan darinya mengenai perkembangan situasi terakhir di kawasan maupun secara global.

Baca Juga

“Beliau (Prabowo) adalah orang yang dijadikan sebagai referensi dari beberapa pemimpin negara yang beliau kunjungi. Bahkan Presiden Putin menyebut beliau sebagai suara dari dunia selatan. Saya melihat hal ini sebagai sebuah harapan yang besar bagi Indonesia," kata Sugiono, dikutip pada Sabtu (3/8/2024).

Selain itu, Sugiono juga melihat bahwa para pemimpin negara-negara yang dikunjungi Prabowo yakni Presiden Prancis, Albania, Serbia, Turki dan Rusia mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan dengan Indonesia di kancah Internasional serta peran serta Indonesia dalam menciptakan ketertiban dunia.

“Seperti yang saya lihat dan rasakan, bahwa pemimpin-pemimpin negara-negara lain mengharapkan peran dan kehadiran Indonesia di kancah Internasional baik di bidang ekonomi maupun dalam upaya-upaya mewujudkan perdamaian dunia,” lanjut Sugiono.

Untuk itu, Indonesia patut berbangga diri diera kepemimpinan Prabowo sebagai presiden terpilih 2024 - 2029 yang kelak akan mengupayakan yang terbaik diberbagai sektor terutama dibidang ekonomi dan peningkatan kualitas Sumber Daya ma

Manusia demi kemajuan bangsa dan berdampak pada seluruh rakyat Indonesia.

“Indonesia adalah bangsa yang besar dan banyak negara mengharapkan peran besar Indonesia. Harapan internasional tersebut saya kira harus dijawab dengan memperbaiki diri kita, memperkokoh persatuan kita, jangan mudah diadu domba dengan cara menciptakan situasi politik yang stabil dan tenang. Kita tingkatkan kekuatan ekonomi kita dan kita investasi di sumber daya manusia kita,” kata Sugiono.

Sebelumnya, Prabowo Subianto bertemu Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan di Ankara, Turki, Selasa (30/7/2024) waktu setempat. Ia menekankan Turki merupakan mitra strategis yang penting bagi Indonesia.

Prabowo, yang merupakan Presiden terpilih RI, bertemu Presiden Erdogan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, setelah dia menemui pejabat penting Turki lainnya, yaitu Menteri Luar Negeri Hakan Fidan, Senin (29/7/2024), dan Menteri Pertahanan Yaşar Güler, Selasa (30/7/2024).

"Dengan banyaknya peluang yang ada di hadapan kita, Indonesia berkomitmen untuk lebih memperkuat kemitraan strategis dengan Turki. Kami tetap bertekad untuk meningkatkan persahabatan historis antara kedua negara," kata Prabowo kepada Presiden Erdogan, demikian dilansir dari Kantor Berita Antara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement