Kamis 01 Aug 2024 18:58 WIB

Fajar/Rian Takluk di 8 Besar, Indonesia Hanya Sisakan Gregoria di Bulu Tangkis Olimpiade

Fajar/Rian takluk dua gim langsung 22-24 dan 20-22 dari unggulan pertama asal China.

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto beraksi di Olimpiade Paris 2024.
Foto: PBSI/Badmintonphoto/Yohan Nonotte
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto beraksi di Olimpiade Paris 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu lagi wakil Indonesia di bulu tangkis Olimpiade tumbang. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengakui ketangguhan unggulan pertama asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang pada babak delapan besar. Fajar/Rian takluk dua gim langsung lewat permainan ketat 22-24 dan 20-22 di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Kamis (1/8/2024) malam.

Dengan kegagalan Fajar/Rian, Indonesia tinggal mengharapkan Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri. Gregoria akan berhadapan dengan Kim Ga-eun pada babak 16 besar. Laga ini akan berlangsung Jumat (2/8/2024) dini hari pukul 00.30 WIB di tempat yang sama.

Baca Juga

Bulu tangkis Indonesia sudah mendapatkan tiga pukulan sepanjang Olimpiade Paris 2024. Pertama, terhentinya ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di fase grup. Padahal, Apri adalah juara bertahan Olimpiade, ketika berjaya di Tokyo berpasangan dengan Greysia Polii.

Kedua, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang terhenti di penyisihan grup. Berikutnya, dua tunggal Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Ginting juga kandas di penyisihan grup. Padahal Ginting adalah pemegang medali perunggu Olimpiade Tokyo.

Jalannya pertandingan

Tak membutuhkan waktu lama bagi kedua pasangan untuk memulai pertandingan dengan intens. Serangan dan sergapan cepat menjadi andalan baik bagi Fajar/Rian maupun Liang/Wang untuk mendapatkan angka.

Sempat beberapa kali menyamakan kedudukan, sejumlah serangan yang dilancarkan Fajar/Rian tak berjalan mulus sehingga mereka tertinggal cukup jauh, 5-10. Interval gim pertama pun langsung direbut oleh Liang/Wang dengan skor 11-5.

Selepas interval, wakil Indonesia mendapatkan angka pertama mereka. Fajar/Rian pun terlihat tampil lebih rapi dengan rotasi dan serangan yang beragam. Pola itu terbukti efektif untuk menghasilkan poin demi poin dan memperkecil margin ketertinggalan menjadi 16-17.

Tak jatuh dalam tekanan di momen krusial, Fajar/Rian akhirnya dapat menyamakan kedudukan 17-17, 18-18, dan 19-19.

Liang/Wang merebut matchpoint pertama, tetapi Fajar/Rian bisa menahan dan memaksakan deuce sebanyak tiga kali, sebelum akhirnya smes keras Liang membuatnya dan Wang mengunci kemenangan gim pertama dengan skor tipis 24-22.

 

Angka pertama...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement