Kamis 01 Aug 2024 09:32 WIB

Vina Meninggal Dibunuh atau Kecelakaan? Ini Kata Susno Duadji Usai Sidang PK Saka Tatal

Susno Duadji dihadirkan sebagai ahli dalam sidang PK Saka Tatal di PN Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andri Saubani
Mantan Kabareskrim Komjen Pol. Susno Duadji menghadiri sidang Peninjauan Kembali (PK) di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (31/7).
Foto:

Ahli lain yang dihadirkan di persidangan adalah Psikolog Forensik, Reza Indragiri. Dalam sidang, dia mengatakan, dari berkas yang pernah dibacanya, terkesan atau terindikasi kasus ini merupakan contoh pengungkapan kasus yang terlalu mengandalkan pada keterangan saksi, termasuk keterangan tersangka.

"Menomorsekiankan bukti scientific," kata Reza.

Reza pun mencontohkan terkait narasi telah terjadi perkosaan terhadap almarhumah. "Saya ingin bicara tentang sperma, bukan tentang objek spermanya. Tapi saya ingin menyampaikan perspektif kepada majelis terkait sperma adalah, latar belakang psikologis munculnya sperma tersebut," ujar Reza.

"Pertanyaannya sederhana begini. Apakah sperma serta merta bisa kita simpulkan sebagai bukti telah terjadi perkosaan? Jawabannya tidak. Dari sudut pandang psikologi forensik, tidak," tukas Reza.

Reza menjelaskan, keberadaan sperma, bisa dilatarbelakangi oleh satu dari kemungkinan dua kondisi psikologis. Pertama, ketika sperma muncul setelah terjadinya aktivitas  seksual yang dipaksakan. Jika itu terjadi, maka sperma itu memenuhi kriteria sebagai bukti kejahatan seksual.

Kemungkinan yang kedua, sperma merupakan akibat dari aktivitas seksual mau sama mau. Jika demikian, maka praktis sperma tersebut bukan merupakan bukti telah terjadi kekerasan seksual.

"Persoalannya adalah, dari berkas yang saya baca, saya tidak menangkap adanya informasi terkait dengan latar belakang psikis yang mendahului keluarnya sperma tersebut,’" ucapnya.

Untuk itu, dari sudut pandang psikologi forensik, Reza tidak bisa menyimpulkan apakah sperma itu merupakan akibat perkosaan ataukah akibat dari aktivitas seksual yang mau sama mau.

Ditemui usai memberikan keterangan pada sidang PK Saka Tatal, Reza mengatakan, untuk mengungkap peristiwa yang terjadi pada tahun 2016, ia juga meminta agar dihadirkan bukti komunikasi elektronik dari para terpidana dan kedua korban.

"Saya menyampaikan berulang kali kepada majelis, saya sangat menunggu adanya bukti komunikasi elektronik serinci-rincinya, yang dilakukan oleh para terpidana pada saat itu dan kedua korban," katanya.

"Bukti elektronik serinci-rincinya ini mencakup siapa dengan siapa berkomunikasi, tentang apa, pada jam detik berapa, itu akan memberikan gambaran kepada kita tentang para tersangka ini betul-betul merencanakan pembunuhan atau tidak," terang Reza.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement