Kamis 01 Aug 2024 07:24 WIB

Dua Kota di Israel Ini Dilaporkan Jadi Target Iran Usai Khamenei Beri Perintah Serangan

Ayatollah Khamenei telah memberikan perintah serangan ke Israel.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dilaporkan telah memberikan perintah serangan langsung ke Israel.
Foto:

Pejabat perwakilan Iran di PBB pada Rabu mengatakan, bahwa respons Iran atas pembunuhan Ismail Haniyeh akan menjadi 'operasi spesial. "Respons atas pembunuhan akan tentunya menjadi operasi spesial, lebih keras dan bertujuan untuk menanamkan rasa penyesalan mendalam pada para pelaku pembunuhan," demikian pernyataan tertulis di X dikutip Anadolu.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei pada hari yang sama juga mengutuk pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. Dia mengatakan, adalah kewajiban Iran untuk, "membayar darah tamu terhormatnya".

Pernyataan Khamenei keluar beberapa jam setelah Haniyeh terbunuh di kediamannya di Teheran pada Rabu (31/7/2024) pagi, usai menghadiri pelantikan Presiden Masoud Pezeskhian. Khamenei menegaskan, bahwa "rezim kriminal dan teroris" telah menyiapkan dasar bagi "hukuman berat bagi dirinya sendiri".

Khamenei menyanjung Haniyeh sebagai "seorang pemimpin yang berani dan pejuang Palestina yang khas," sambil menambahkan, bahwa front pejuang saat ini tengah berduka.

"Rezim kriminal dan teroris Zionis memartirkan tamu terhormat kita di rumah kita dan membuat kita berduka, tapi juga memberikan dasar untuk hukuman berat untuk mereka," demikian pernyataan Khamenei.

Haniyeh bersama pemimpin Jihad Islam Ziad Nakhaleh sempat bertemu langsung dengan Khamenei saat menyaksikan pengucapan sumpah Pezeshkian sebagai Presiden Iran pada Selasa (30/7/2024).

 

photo
Infografis Fatah - Hamas Bersatu Lawan Aneksasi - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement