Kamis 01 Aug 2024 06:52 WIB

Ali Khamenei Dilaporkan Telah Perintahkan Serangan Langsung ke Israel

Amerika berjanji membela Israel jika Israel diserang Iran.

Anggota Dewan Universitas Teheran menghadiri protes untuk mengutuk pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, di Universitas di Teheran, Iran, Rabu, 31 Juli 2024.
Foto: AP Photo/Vahid Salemi
Anggota Dewan Universitas Teheran menghadiri protes untuk mengutuk pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, di Universitas di Teheran, Iran, Rabu, 31 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei dilaporkan telah mengeluarkan perintah agar Iran menyerang Israel secara langsung. Hal tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, pada Rabu (31/7/2024).

Hal ini dilansir the New York Times pada Kamis (1/8/2024) merujuk  tiga pejabat Iran yang diberi pengarahan tentang perintah tersebut. Khamenei memberikan perintah tersebut pada pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran pada Rabu pagi, tak lama setelah Iran mengumumkan bahwa Haniyeh telah terbunuh, kata tiga pejabat Iran, termasuk dua anggota Garda Revolusi. Mereka meminta agar nama mereka tidak dipublikasikan karena tidak berwenang berbicara di depan umum.

Baca Juga

Belum jelas seberapa kuat respons Iran. Komandan militer Iran sedang mempertimbangkan serangan kombinasi drone dan rudal lainnya terhadap sasaran militer di sekitar Tel Aviv dan Haifa, namun akan menghindari serangan terhadap sasaran sipil, kata para pejabat Iran. Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah serangan terkoordinasi dari Iran dan negara-negara sekutu lainnya, termasuk Yaman, Suriah dan Irak, untuk mendapatkan efek maksimal, kata mereka.

Khamenei, yang memegang keputusan terakhir dalam semua urusan negara dan juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata, menginstruksikan komandan militer dari Garda Revolusi dan tentara untuk mempersiapkan rencana serangan dan pertahanan jika terjadi konflik. perang meluas dan Israel atau Amerika Serikat menyerang Iran, kata para pejabat.

Dalam pernyataan publiknya tentang kematian Haniyeh, Khamenei memberi isyarat bahwa Iran akan membalas secara langsung, dengan mengatakan, “kami menganggap membalas darahnya adalah tugas kami,” karena hal itu terjadi di wilayah Republik Islam. Dia mengatakan Israel telah bersiap untuk menerima “hukuman berat.”

photo
Pertemuan Ismail Haniyeh dengan Presiden Iran terpilih Masoud Pezeshkian di Teheran, Selasa (30/7/2024). - (IRNA)

Iran dan Hamas menuduh Israel melakukan pembunuhan terhadap Haniyeh. Sementara Israel, yang sedang melakukan agresi brutal di Jalur Gaza, tidak mengakui atau menyangkal pembunuhan Haniyeh, yang berada di Teheran untuk pelantikan presiden baru Iran. Israel memiliki sejarah panjang dalam membunuh pemimpin Palestina dan Iran di luar negeri, termasuk ilmuwan nuklir dan komandan militer Iran.

Menurut the New York Times, selama hampir 10 bulan perang di Gaza, Iran telah mencoba untuk mencapai keseimbangan, memberikan tekanan pada Israel dengan meningkatkan serangan secara tajam oleh sekutu dan kekuatan proksinya di wilayah tersebut, sambil menghindari perang habis-habisan antara kedua negara.

Pada April, Iran melakukan serangan terbesar dan paling terang-terangan terhadap Israel dalam beberapa dekade permusuhan, meluncurkan ratusan rudal dan drone sebagai pembalasan atas serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya yang menewaskan beberapa komandan militer Iran di Damaskus, Suriah. Namun bahkan unjuk kekuatan tersebut telah diumumkan melalui telegram jauh sebelumnya, hampir semua senjata ditembak jatuh oleh Israel dan sekutunya, dan hanya sedikit kerusakan yang terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement