Rabu 31 Jul 2024 17:52 WIB

Anies tak Masalah Jika Harus Lawan Ahok di Pilgub Jakarta 2024

Anies cenderung fokus kepada tantangan yang harus dihadapi masyarakat Jakarta.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto:

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin sebelumnya mengatakan, PDIP tidak mungkin untuk maju sendiri dalam Pilgub DKI Jakarta. Pasalnya, partai berlogo kepala banteng itu tak memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon tanpa berkoalisi dengan partai lain di Pilgub DKI Jakarta.

"Artinya tetap berkoalisi dengan partai lain, baik dalam konteks bergabung dalam koalisi yang sudah ada, dengan Anies, ataupun membentuk kolaisi baru dengan PKB ataupun yang lain," kata dia melalui pesan singkat, Jumat (26/7/2024).

Ujang menilai, PDIP cenderung akan merapat untuk mengusung Anies Baswedan. Asalkan, calon wakil gubernur (cawagub) yang digandeng oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan kader PDIP.

"Saya sih melihat, masih mungkin juga untuk bergabung dengan Anies, kalau misalkan calon wakil gubernurnya dari PDIP," ujar dia.

Namun, peluang PDIP membuat poros baru dengan PKB juga masih terbuka lebar. Apalagi, PKB cenderung belum setuju dengan nama Mohamad Sohibul Iman yang ditawarkan PKS untuk mendampingi Anies.

"Kalau calon wakil gubernurnya bukan dari PDIP, mungkin juga membangun koalisi baru, poros baru, dengan PKB atau partai lain untuk mengusung kadernya," kata dia.

Menurut dia, situasi politik saat ini masih sangat dinamis. Artinya, segala kemungkinan masih bisa tetap terjadi.

"Jadi dalam konteks itu, saat ini ya semuanya masih dinamis, masih cair, masih akan terjadi segala kemungkinan ke depan," kata dia.

Berdasarkan hasil survei Indikator dengan periode 18-26 Juni, elektabilitas Anies masih menjadi yang tertinggi pada simulasi top of mind apabila Pilgub DKI Jakarta dilakukan saat ini. Elektabilitas Anies sebesar 39,7 persen, sementara di posisi kedua ada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 23,8 persen, dan Ridwan Kamil 13,1 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement