Senin 29 Jul 2024 09:40 WIB

Presiden Jokowi Soft Ngantor dan Gelar Rapat di Istana IKN

Kata Jokowi, pembangunan di Kantor Presiden IKN masih berjalan dengan ribuan pekerja.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi bersama Mensesneg Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Foto: Antara/Mentari Dwi Gayati
Presiden Jokowi bersama Mensesneg Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM PASER UTARA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan infrastruktur di kompleks Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), dalam progres yang baik. Menurut Jokowi, pembangunan Istana Kepresidenan IKN saat masih bergulir. 

"Masih ada pembersihan, masih ada finishing, semuanya masih dalam progres yang baik," kata Jokowi saat meninjau sejumlah ruangan menjelang rapat untuk kali pertama di Kantor Kepresidenan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (29/7/2024) pagi WITA

Baca Juga

Perihal persentase penyelesaiannya, Jokowi meminta wartawan untuk menanyakan hal itu kepada Menteri PUPR sekaligus Plt OIKN Basuki Hadimuldjono. "Semua masih berjalan dan hari ini saya akan menerima untuk rapat-rapat di sini, di ruang kerja presiden," ucap Jokowi.

Jokowi menggelar rapat internal bersama sejumlah menteri kabinet. Mereka yang tampak hadir di lobi Kantor Presiden, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuldjoyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Plt Wakil OIKN Raja Juli.

Menurut Jokowi, jumlah menteri kabinet yang hadir di rapat perdana itu dibatasi agar tidak mengganggu pekerjaan konstruksi yang sedang berlangsung. "Tapi saya nggak mengajak semua, karena masih banyak yang bekerja, supaya yang bekerja tidak terganggu," katanya

Jokowi menyebut, istilah 'soft ngantor' sebagai gambaran hari pertama dirinya berkantor di Kantor Presiden IKN, Kaltim. "Ya kalau berkantor 'soft ngantor' lah karena lewat ini juga pekerja," ucap Jokowi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, Kalimantan Timur, Senin.

Jokowi mengakui, pembangunan di Kantor Presiden IKN masih berjalan dengan ribuan pekerja yang menyelesaikan tahap akhir (finishing) gedung. Oleh karena itu, jokowi, menyebut dirinya masih 'soft ngantor' karena masih banyaknya pekerja di area Kantor Presiden IKN.

Jokowi pun menceritakan, para pekerja kerap berhenti sejenak melanjutkan pekerjaan saat hendak meninjau area karena protokol keamanan dari Paspampres. Di sisi lain, ia mengaku tidak ingin mengganggu para pekerja.

"Ke sananya itu lewat orang bekerja, nanti berhenti semua. Pasmpampres itu, saya lewat di...maksud saya yang kerja biar kerja, saya lewat aja tidak bisa," kata Jokowi menceritakan kondisi terkini di sekitar Kantor Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement