Ahad 28 Jul 2024 21:01 WIB

Menlu Rusia Lakukan Pertemuan dengan PM Malaysia Bahas Aliansi BRICS

Anwar Ibrahim telah mengirim permohonan Malaysia bergabung dengan BRICS.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.
Foto: Russian Foreign Ministry Press Service via AP
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

REPUBLIKA.CO.ID, PUTRAJAYA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di Seri Perdana, Putrajaya, Ahad (28/7/2024), melakukan pembahasan seputar isu keikutsertaan negara jiran dalam aliansi BRICS. PM Anwar dalam unggahan di media sosialnya mengatakan telah menerima kunjungan kehormatan Menlu Lavrov yang saat ini sedang melakukan kunjungan resmi selama dua hari di Malaysia sejak Sabtu (27/7/2024).

Perbincangan seputar isu keikutsertaan Malaysia dalam BRICS menjadi salah satu pokok bahasan. Anwar mengatakan Malaysia telah mengirimkan surat lamaran kepada Rusia sebagai Ketua Organisasi antar pemerintah BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) baru-baru ini.

Baca Juga

“Kami menyinggung aspek penguatan kerja sama bilateral, dan Malaysia menegaskan agar hubungan yang sudah ada ditingkatkan dan diperkuat, terutama di sektor investasi dan perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pertanian, pertahanan dan militer, pendidikan serta pariwisata dan kebudayaan,” ujar dia.

Anwar yang didampingi Menlu Mohamad Hasan, Menteri Pertahanan Mohamed Khaled Nordin dan Menteri Pendidikan Tinggi Zambry Abdul Kadir dalam pertemuan itu mengatakan perbincangan juga memberi penekanan terkait situasi terkini Palestina. Menurut dia, Malaysia dan Rusia menekankan perlunya gencatan senjata permanen, bantuan kemanusiaan segera serta Negara Palestina diakui sebagai anggota penuh PBB.

Terkait Ukraina, Malaysia menyerukan dialog dan diskusi untuk menjadi jalan keluar dari konflik ini, kata Anwar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement