Rabu 24 Jul 2024 13:28 WIB

Adidas Minta Maaf ke Supermodel Keturunan Palestina Usai Ancaman Gugatan dan Seruan Boikot

Adidas batalkan iklan SL72 dengan model Bella Hadid usai ditekan kelompok pro-Israel.

Rep: Andri, Shelbi Asrianti/ Red: Andri Saubani
Super model keturunan Palestina, Bella Hadid.
Foto: EPA
Super model keturunan Palestina, Bella Hadid.

REPUBLIKA.CO.ID, Adidas meminta maaf kepada Bella Hadid, setelah supermodel keturunan Palestina-Amerika itu mengancam akan mengajukan gugatan terkait kampanye iklan yang terinspirasi Olimpiade Munich 1972. Pada Jumat pekan lalu, Adidas menarik peredaran iklan produk sepatu SL72 di mana Bella menjadi modelnya, setelah mendapat tekanan dari kalangan pro-Israel.

"Kami membuat sebuah kesalahan yang tidak disengaja. Kami meminta maaf kepada rekanan kami, Bella Hadid, A$AP Nast, Jules Kounde, dan lainnya, atas dampak negatif terhadap mereka dan kami akan merevisi iklannya," demikian pernyataan perwakilan Adidas Originals, lewat akun Instagram, Selasa (22/7/2024).

Baca Juga

BACA JUGA: Gunung Gede Pangrango 'Bersalju' dan 39 Sifat Gunung yang Disebut Alquran

 

Bella Hadid dilaporkan US Weekly menyewa tim hukum untuk mengulas kegagalan Adidas dalam menghitung potensi publik menghubungkan kampanye iklan sepatu SL72 dengan tragedi Olimpiade Munich pada 1972 di mana 11 atlet Israel dibunuh oleh kelompok teroris. Sebagai keturunan Palestina, Bella Hadid jadi ikut terkena sasaran kecaman dari kelompok pro-Israel.

Komite Yahudi Amerika menilai Adidas sengaja menggunakan "Seorang model yang lantang menyuarakan anti-Israel" dalam iklannya, yang menurut mereka akibat dari, "antara luput dari pengawasan atau penghinaan yang disengaja."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ameera (@ameerarepublika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement