Rabu 24 Jul 2024 13:21 WIB

JK Sampaikan Dukacita, Try Sutrisno Melayat ke Kediaman Hamzah Haz

Beliau juga membaktikan dirinya sebagai politisi, cendekiawan, dan juga tokoh Islam.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ke-10 dan 12 RI M Jusuf Kalla (JK) menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz (84 tahun) pada Rabu (24/7/2024) pagi WIB. "Kami semua mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya ke rahmatullah almarhum Doktor Hamzah Haz," kata JK dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menilai, Hamzah adalah tokoh sangat penting yang dimiliki bangsa ini. Sebab, Hamzah adalah Wakil Presiden Ke-9 yang saat itu mendampingi Megawati Soekarnoputri. Hamzah, lanjut JK adalah sosok yang menempati banyak posisi termasuk sebagai ketua umum DPP  Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca Juga

"Beliau juga membaktikan dirinya sebagai politisi, cendekiawan, dan juga tokoh Islam yang baik," ujar JK yang mantan ketua umum DPP Partai Golkar.

Oleh karena itu, JK selaku ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan Hamzah. "Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi-Nya sesuai dengan amal ibadahnya. Al-Fatihah," pungkas dia.

Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno berkunjung ke rumah duka Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz di Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur pada Rabu siang WIB. Try tiba di lokasi sekitar pukul 12.50 WIB, didampingi oleh pengawalan para anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Ketika tiba, jenderal purnawirawan TNI yang berusia 88 tahun itu langsung masuk ke kediaman Hamzah Haz. Beberapa menit sebelum Try tiba, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang pun mengunjungi rumah duka Hamzah Haz.

Mantan Ketua DPD RI itu tak banyak berkomentar dan meminta wartawan menunggu setelah dirinya melayat di rumah duka. Adapun Mobil jenazah dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) TNI I/Jakarta disiapkan untuk membawa mendiang Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz.

Rencananya, jenazah akan dibawa untuk dimakamkan di daerah Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 13.30 WIB. Pihak Kogartap pun menyiapkan peti jenazah berwarna putih untuk tokoh bangsa tersebut. Selain itu, Kogartap I/Jakarta juga sudah menyediakan tenda sementara bagi prosesi keberangkatan jenazah menuju ke lokasi pemakaman.

Meninggal di Matraman...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement