Rabu 24 Jul 2024 02:09 WIB

Tamba dan Samba Gandeng BEI Sediakan Beasiswa Kuliah di Los Angeles

Boy Thohir sediakan beasiswa bagi profesional di University of Southern California.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Yayasan Mochamad Thohir Garibaldi Thohir menyampaikan sambutan saat pemaparan Informasi Beasiswa TAMBA & SAMBA Bersama BEI di Jakarta, Selasa (23/07/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Yayasan Mochamad Thohir Garibaldi Thohir menyampaikan sambutan saat pemaparan Informasi Beasiswa TAMBA & SAMBA Bersama BEI di Jakarta, Selasa (23/07/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beasiswa Thohir Marshall MBA (TAMBA) dan Soeryadjaya Marshall MBA (SAMBA) berkolaborasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyosialisasikan program kuliah di University of Southern California (USC), Amerika Serikat (AS). Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir alias Boy Thohir mengatakan, program tersebut memberikan kesempatan kepada profesional dan entrepreneur Indonesia untuk melanjutkan studi ke salah satu sekolah bisnis terbaik di dunia.

"Yayasan Mochamad Thohir dan William & Lily Foundation bertujuan untuk mendukung entrepreneur dan profesional Indonesia untuk memajukan dan mengembangkan Indonesia lewat program studi magister (S2) International Business Education and Research (IBEAR) MBA 1 tahun," ujar Boy saat sosialisasi program beasiswa Tamba dan Samba 2024 di Gedung BEI, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2024).

Boy menyampaikan citra USC sebagai sekolah bisnis terkemuka dan lokasinya yang berada di Los Angeles (LA) tentu berimplikasi terhadap tingginya biaya hidup. Menurut Boy, Samba dan Tamba akan menanggung seluruh biaya pendidikan, tempat tinggal, dan biaya untuk kehidupan sehari-hari agar penerima beasiswa bisa fokus menimba ilmu di sana. 

"Seleksinya cukup ketat karena memang jarang sekali ada yang memberikan beasiswa penuh di LA. Terpenuhi USC merupakan salah satu yang terbaik di dunia sehingga biaya hidup cukup mahal, namun ini jadi komitmen saya dan Pak Edwin untuk memberikan kesempatan kepada anak bangsa," ucap Boy. 

Bos Adaro tersebut berharap, program Samba dan Tamba dapat membantu meningkatkan kemampuan penerima beasiswa dalam menghadapi tantangan dunia bisnis saat ini. Pun melengkapi mereka dengan pola pikir yang strategis dan global. Melalui program itu, Boy ingin mengembangkan generasi pemimpin bisnis Indonesia berikutnya yang akan membentuk masa depan Indonesia.

Pendiri William & Lily Foundation Edwin Soeryadjaya juga mengaku senang melihat meningkatnya semangat dan antusiasme profesional dan entrepreneur untuk melanjutkan studinya di luar negeri. Hal itu menandakan ada dorongan lebih tinggi untuk belajar dan meningkatkan pengalaman internasional. 

"Di dunia bisnis saat ini, penting untuk mendapat perspektif baru, keterampilan lintas budaya, dan jaringan global yang luas. Hal ini dapat mendukung mereka sebagai pemimpin masa depan dalam dunia bisnis yang semakin global dan kompetitif," ujar Edwin. 

Menurut Edwin, program beasiswa merupakan komitmen nyata dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Dia menilai, aspek pendidikan merupakan hal yang krusial dalam meningkatkan daya saing Indonesia di kancah dunia. 

"Saya rasa negara kita perlu bantuan dari siapa lagi kalau bukan dari rakyatnya sendiri, terutama soal pendidikan," ucap Edwin. 

Dia mencontohkan, keberhasilan Cina saat ini pun tak lepas dari masifnya pelajar dan mahasiswa yang belajar di luar negeri. Menurut Edwin, hal itu menjadi fondasi besar bagi negeri Tirai Bambu tersebut dalam meningkatkan penetrasi perdagangan di kancah global dalam beberapa tahun terakhir.

"Cina bisa maju sekali karena pelajar dan mahasiswanya ada di mana-mana, kita juga perlu lakukan itu meski biayanya tidak murah. Harapannya penerima beasiswa bisa menyerap ide-ide yang bisa dikembangkan di Indonesia," kata Edwin. 

Dua kandidat terpilih akan diberangkatkan untuk mengikuti program studi magister (S2) International Business Education and Research (IBEAR) MBA selama satu tahun di University of Southern California (USC), Amerika Serikat (AS).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement