Selasa 23 Jul 2024 18:55 WIB

Kamrussamad Harap Pemerintahan Prabowo Sediakan Beasiswa Wirausaha

Pemerintah RI memiliki target pada 2024 akan tercipta satu juta wirausaha baru.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha KAHMi (HIPKA) sekaligus anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad.
Foto: DPR
Ketua Umum Himpunan Pengusaha KAHMi (HIPKA) sekaligus anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Himpunan Pengusaha KAHMi (HIPKA) Kamrussamad mendorong pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyiapkan beasiswa khusus bagi pelajar mahasiswa berorientasi wirausaha. Karena beasiswa jenis itu diharapkan bisa mendorong kemandirian ekonomi di kalangan generasi muda untuk menjadi wiruusaha mandiri.

"Pendidikan kewirausahaan sangat penting dalam mempersiapkan generasi muda agar memiliki jiwa kewirausahaan," kata Kamrussamad saat meneken nota kesepahaman (MoU) Beasiswa HIPKA dengan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) di Jakarta Selatan dikutip Selasa (23/7/2024). Acara tersebut dihadiri Rektor UICI Prof Laode Masihu Kamaluddin, anggota DPR RI Herman Khaeron, dan Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto.

Baca Juga

UICI didirikan oleh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan memperloleh Izin Pendirian Nomor 1183/M/2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) pada 30 Desember 2020. Salah satu keunikan UICI merupakan kampus digital pertama yang 100 persen proses belajar mengajarnya di Indonesia. 

Menurut Kamrussamad, bonus demografi 2030, jika dapat dimanfaatkan secara optimal dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan bonus demografi, sambung dia, adalah dengan menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Menurut anggota Fraksi Gerindra DPR tersebut, sinergi dunia pendidikan dan dunia usaha melalui pemberian beasiswa merupakan bukti nyata dalam mendorong lahirnya wirausaha. Kamrussamad menyebut, pemerintah Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 memiliki target pada 2024 akan tercipta satu juta wirausaha baru.

"Pemerintahan Prabowo-Gibran akan berupaya keras mewujudkan Visi Indonesia Emas tahun 2045 sebagai negara maju, di mana ekonomi nasional perlu untuk bertransformasi dengan menghasilkan PDB per kapita mencapai 23 ribu hingga 30.300 dolar AS. Untuk mencapai cita cita tersebut diperlukan SDM unggul dan berdaya saing," ujar Kamrussamad.

Anggota Komisi XI DPR tersebut juga berharap, universitas ikut berperan sebagai inkubator bagi wirausahawan muda dengan menyediakan berbagai program dan layanan yang mendukung pengembangan bisnis mereka. "Jiwa kewirausahaan seperti berani mengambil risiko, berani melakukan inovasi, jujur, pantang menyerah dan keinginan untuk berprestasi merupakan modal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement