Senin 08 Jul 2024 00:41 WIB

Laga Lanjutan Kesatria Bengawan vs Prawira Digelar di Bandung Tanpa Penonton

Laga Prawira vs Kesatria penting menentukan lawan mereka di playoff IBL.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain, pelatih, dan ofisial Prawira Harum Bandung (ilustrasi).
Foto: FIBA/Ariya Kurniawan
Pemain, pelatih, dan ofisial Prawira Harum Bandung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertandingan Kesatria Bengawan Solo melawan Prawira Harum Bandung yang sempat terhenti di Sritex Arena Solo, 28 Juni lalu, akan dilanjutkan di C-Tra Prawira Arena Bandung, Selasa (9/7/2024)/ Laga menyisakan waktu 8.07 di kuarter ketiga dengan skor akhir sementara 52-39 untuk Prawira Harum Bandung.

Setelah menerima berita acara resmi kronologis dari panitia pelaksana Kesatria Bangawan Solo atas kejadian dan hasil investigasi, IBL mengenakan sanksi total sebesar 95 juta kepada pelaksana berdasarkan daftar mandatory (panduan) pelaksanaan dan komersial yang terdampak. Selain hal tersebut, Kesatria Bengawan Solo wajib menanggung biaya pelaksanaan pertandingan lanjutan, termasuk biaya yang yang timbul bagi tim lawan seperti transportasi, akomodasi dan sebagainya.

Baca Juga

Sejak Selasa malam lalu, IBL dan kedua tim telah dilakukan pertemuan untuk eksplorasi kemungkinan hal-hal yang dapat dilanjutkan mempertimbangkan kondisi dan implikasi lain yang ditimbulkan. Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, situasinya tidak mudah karena berbagai variabel yang mempengaruhinya, terutama dari sisi jadwal dan dampak pada penyelenggaraan pertandingan lainnya.

"Sempat beberapa alternatif didiskusikan seperti pemunduran jadwal playoff, penukaran jadwal dengan tim lainnya, hingga penghentian pertandingan. Namun, setiap alternatif memunculkan kompleksitas lain seperti ketersediaan fasilitas dan hal lainnya,” kata Junas, Ahad (8/7/2024).

Pertandingan ini penting sebab akan menentukan peringkat tiga dan empat di klasemen akhir regular season IBL 2024. Peringkat berdampak kepada lawan yang akan dihadapi. Jika berada di posisi tiga, maka akan menghadapi Rans Simba Bogor, sementara jika finis keempat, akan melawan Satria Muda Pertamina.

Dalam pembahasan tersebut juga diputuskan pertandingan akan dilanjutkan dengan sisa waktu yang ada (menit 8.07 kuarter tiga), roster, skor, personal foul, team foul dan lain sebagainya yang berhubungan akan dilanjutkan tepat seperti sebelum pertandingan dihentikan.

Komposisi pemain menggunakan roster yang sama. Namun karena Prawira telah melakukan pergantian pemain asing diatas 2 meter dengan melepas pemain James Clough Gist III, maka diputuskan kedua tim akan melanjutkan dengan komposisi dua pemain asing yang terdaftar dalam roster pertandingan saat itu. Untuk pemain asing yang dimainkan tim Kesatria adalah yang bertinggi badan tidak lebih dari dua meter.

Game digelar tertutup yang artinya tidak memperjualbelikan tiket penonton, tidak disiarkan langsung, tapi dapat dihadiri pihak media serta undangan pihak tertentu kedua tim.

Perangkat pertandingan melanjutkan yang telah terlaksana di GOR C-Tra, tapi biaya, teknis dan pelaksanaan menjadi tanggung jawab pihak KBS.

Kedua tim, setelah pertandingan ini akan bertandang ke tim lawan. Peringkat tiga menuju GOR Vokasi Bogor bertemu RANS Simba Bogor, dan peringkat empat menuju Britama Arena bertemu Satria Muda Pertamina pada game pertama playoff, Kamis (11/7/2024) pukul 18.00 dan 20.00 WIB. Selanjutnya game kedua akan kembali ke kandang Prawira dan Kesatria pada Ahad, mundur sehari dari semula Sabtu, untuk memberikan ekstra waktu istirahat tambahan satu hari.

“Tidak sepenuhnya ideal bagi kedua tim, tapi harapannya jalan tengah ini akan menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak kedepannya,” kata Junas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement