Jumat 05 Jul 2024 10:35 WIB

Messi Gagal Penalti, Argentina Tetap Lolos ke Semifinal Copa America Berkat Emi Martinez

Argentina menang 4-2 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kiper Argentina Emiliano Martinez menghentikan tendangan penalti Angel Mena dari Ekuador selama adu penalti pada pertandingan perempat final Copa America di Stadion NRG, Houston, JUmat (5/7/2024) pagi WIB.
Foto:

Memasuki babak kedua, sejumlah drama terjadi. Menit ke-60, tendangan penjuru Ekuador yang langsung diarahkan ke kotak penalti Argentina mengenai tangan Rodrigo De Paul. Wasit Andres Matonte langsung menunjuk titik putih walau sejumlah pemain Argentina melakukan protes.

Kapten Ekuador Enner Valencia yang menjadi algojo sebenarnya sudah bisa mengecoh Emiliano Martinez. Namun sayang, bola tendangan mendatarnya yang lemah masih membentur tiang gawang Argentina. Ekuador gagal menyamakan skor.

Saat Argentina di ambang kemenangan, Ekuador menyamakan kedudukan lewat gol pada menit ke-90+3. Tendangan John Yeboah disundul pemain Argentina. Bola memantul ke tanah langsung dicocor Kevin Rodriguez untuk membuat skor menjadi imbang 1-1

Menit ke-90+6, Caicedo hampir membalikan keadaan. Namun sundulannya melanjutkan umpan Alan Minda masih melebar kiri gawang Argentina. Pertandingan akhirnya dilanjutkan langsung ke adu tendangan penalti tanpa ada tambahan waktu.

Lionel Messi yang menjadi penendang pertama gagal menunaikan tugasnya dengan bail. Tendangan kaki kirinya ke arah tengah masih membentur mistar gawang Ekuador. Untungnya Angel Mena juga gagal setelah tendangannya dihalau Emiliano Martinez.

Penendang kedua Argentina Julian Alvarez berhasil menaklukkan kiper Ekuador ALexander Dominguez. Tendangan kerasnya, walau sudah terbaca arahnya, tetap bola meluncur deras ke gawang.

Tekanan berbalik ke Ekuador setelah Alan Minda juga belum mampu menjebol gawang Argentina setelah tendangan ke arah kanan masih ditepis dengan satu tangan Martinez.

Alexis Mac Allister membuat Argentina unggul 2-0 dengan mengarahkan bola ke kiri, yang diantisipasi Dominguez ke arah berlawanan. John Yeboah membuka asa Ekuador setelah mengecoh Martinez untuk membuat skor 2-1.

Penendang keempat Argentina, Gozalo Montial sukses membawa Argentina 3-1. Jordy Caicedo menjaga asa Ekuador menaklukan Martinez 3-2.

Nicolas Otamandi akhirnya menjadi penentu kemenangan Argentina. Tendangannya ke pojok kanan gawang Ekuador memastikan Tim Tango menang adu penalti 4-2. Satu penendang tersisa Ekuador tak melanjutkan karena sudah tak mungkin mengejar ketinggalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement