Jumat 05 Jul 2024 06:03 WIB

Gencatan Senjata di Gaza Dilaporkan Kian Dekat

Proposal terbaru Hamas membuka harapan gencatan senjata segera.

Massa menggelar aksi solidaritas global untuk Gaza di depan Kedubes Amerika Serikat, Jakarta, Sabtu (13/1/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Massa menggelar aksi solidaritas global untuk Gaza di depan Kedubes Amerika Serikat, Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Kelompok Hamas dilaporkan membuat penyesuaian yang cukup signifikan dalam posisinya mengenai kemungkinan kesepakatan pembebasan sandera dan gencatan senjata dengan Israel, kata seorang pejabat senior pemerintah AS pada Kamis. Ia menyatakan harapan bahwa hal itu akan mengarah pada perjanjian yang akan menjadi langkah menuju gencatan senjata permanen.

“Kami telah mencapai terobosan,” kata pejabat itu dilansir Reuters. Ia menambahkan bahwa masih ada masalah yang belum terselesaikan terkait dengan implementasi perjanjian tersebut dan bahwa perjanjian tersebut diperkirakan tidak akan selesai dalam waktu beberapa hari.

Baca Juga

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden pada Kamis bahwa dia telah memutuskan untuk mengirim delegasi untuk melanjutkan negosiasi yang terhenti mengenai kesepakatan pembebasan sandera dengan Hamas. Pejabat AS itu mengatakan Netanyahu memberi wewenang kepada timnya untuk bergabung dalam perundingan tersebut.

“Kami yakin ada peluang yang cukup signifikan di sini, dan kami menyambut baik kesiapan perdana menteri untuk mencoba meraih peluang tersebut dengan memberdayakan tim perundingnya untuk terlibat langsung” di Doha dalam beberapa hari mendatang,” kata pejabat tersebut.

Sebuah sumber di tim perunding Israel, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan ada peluang nyata untuk mencapai kesepakatan setelah Hamas membuat proposal revisi mengenai syarat-syarat kesepakatan. “Usulan yang diajukan Hamas mencakup terobosan yang sangat signifikan,” kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Tanggapan Israel terhadap usulan Hamas, yang diajukan melalui mediator, sangat berbeda dengan kejadian di masa lalu. Sebelumnya, Israel selalu mengatakan persyaratan yang diberikan oleh Hamas tidak dapat diterima. Seorang pejabat Israel mengatakan kepala badan intelijen Israel Mossad akan memimpin delegasi Israel untuk pembicaraan tersebut.

photo
Infografis DK PBB Akhirnya Loloskan Gencatan Senjata di Gaza - (Republika.co.id)

Netanyahu dijadwalkan pada Kamis malam untuk berkonsultasi dengan tim perundingnya, kemudian membahas pembicaraan pembebasan sandera dengan kabinet keamanannya. Gedung Putih mengatakan Biden dan Netanyahu, melalui panggilan telepon, membahas tanggapan yang diterima dari Hamas mengenai kemungkinan kesepakatan.

“Presiden menyambut baik keputusan perdana menteri yang memberi wewenang kepada negosiatornya untuk berhubungan dengan mediator AS, Qatar, dan Mesir dalam upaya mencapai kesepakatan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dalam percakapan telepon tersebut, Netanyahu mengulangi posisinya bahwa Israel hanya akan mengakhiri perangnya di Gaza ketika semua tujuannya telah tercapai, kata kantornya dalam sebuah pernyataan. Sumber di tim perundingan Israel mengatakan: "Ada kesepakatan dengan peluang implementasi yang nyata."

Namun sumber tersebut memperingatkan, ada risiko kesepakatan bisa gagal karena “pertimbangan politik”. Beberapa mitra sayap kanan dalam koalisi Netanyahu yang berkuasa telah mengindikasikan bahwa mereka mungkin akan mundur dari pemerintahan jika perang berakhir sebelum Hamas dihancurkan. Keluarnya mereka dari koalisi kemungkinan akan mengakhiri jabatan perdana menteri Netanyahu.

Israel menerima tanggapan Hamas pada Rabu terhadap proposal yang diumumkan pada akhir Mei oleh Biden yang akan mencakup pembebasan sekitar 120 sandera yang ditahan di Gaza dan gencatan senjata di daerah kantong Palestina.

Seorang pejabat Palestina yang dekat dengan upaya mediasi mengatakan kepada Reuters bahwa Hamas, kelompok yang menguasai Gaza, telah menunjukkan fleksibilitas mengenai beberapa klausul yang memungkinkan tercapainya kesepakatan kerangka kerja jika Israel menyetujuinya.

Dua pejabat Hamas tidak segera menanggapi permintaan komentar. Hamas mengatakan kesepakatan apa pun harus mengakhiri perang dan menyebabkan penarikan penuh Israel dari Gaza. Israel bersikukuh bahwa mereka hanya akan menerima jeda sementara dalam pertempuran sampai Hamas dilenyapkan.

Rencana tersebut mencakup pembebasan bertahap sandera Israel yang masih ditahan di Gaza dan penarikan pasukan Israel pada dua tahap pertama, serta pembebasan tahanan Palestina. Tahap ketiga melibatkan rekonstruksi wilayah yang hancur akibat perang dan pengembalian sisa-sisa sandera yang meninggal.

Tidak jelas kemana delegasi Israel akan pergi untuk melanjutkan perundingan. Upaya sebelumnya untuk mengakhiri konflik Gaza dimediasi oleh Mesir dan Qatar, dengan pembicaraan diadakan di kedua lokasi.

Genosida di Gaza berlanjut... baca halaman selanjutnya

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement