Kamis 27 Jun 2024 20:48 WIB

Alasan Mengapa Julian Assange Akhirnya Bisa Hirup Udara Bebas

Assange terkenal setelah membocorkan dokumen-dokumen rahasia AS di internet.

Pendiri Wikileaks, Julian Assange.
Foto:

Assange dibebaskan pada Senin (24/6/2024) dari penjara dengan keamanan maksimum Belmarsh setelah mendapat jaminan dari Pengadilan Tinggi di London sebelum menaiki penerbangan di Bandara Stansted pada pukul 5 sore waktu lokal. Pesawat yang membawa Assange mendarat Selasa di Bandara Internasional Don Mueang di ibu kota Thailand, Bangkok, untuk mengisi bahan bakar sebelum menuju ke Saipan.

Sementara itu, guna kelancaran kepulangannya Australia, Assange melakukan penggalan dana untuk membayar biaya penerbangan ke negaranya.

“Julian Assange telah menaiki penerbangan VJT199 ke Saipan. Jika semuanya berjalan lancar, itu akan membawanya menuju Australia,” kata pihak penggalan dana.

“Namun, penerbangan tersebut harus menanggung biaya yang sangat besar: Julian harus berhutang sebesar 520 ribu dolar AS (Rp 8,5 miliar), yang wajib dia bayarkan kembali ke pemerintah Australia untuk penerbangan sewaan ke Saipan dan seterusnya ke Australia,” tambahnya.

Assange menjadi terkenal pada 2010-an karena membocorkan dokumen-dokumen rahasia AS di internet. Hal tersebut membuatnya mendapat pujian dan pencela internasional ketika dia mengungkap korespondensi diplomatik dan catatan militer Amerika yang sensitif, termasuk video serangan udara AS tahun 2007 di Baghdad yang menewaskan beberapa orang, termasuk dua orang jurnalis Reuters.

Assange dengan tegas menentang ekstradisi ke AS dan menghabiskan tujuh tahun di Kedutaan Besar Ekuador di London dalam upaya mencegah penyerahan tersebut. Dia dikeluarkan dari kompleks diplomatik pada 2019 dan telah menghabiskan lima tahun terakhir di penjara Inggris saat dia melawan perintah ekstradisi ke AS.

 

sumber : Antara, Anadolu

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement