Senin 24 Jun 2024 15:53 WIB

Surya Paloh Pastikan Nasdem Dukung Bobby Jadi Cagub Sumut

Ketum Nasdem tidak masalah mendukung menantu Presiden Jokowi, bukan kader internal.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh mengungkapkan, partainya sudah memutuskan bakal mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju menjadi bakal calon gubernur (cagub) Pemilihan Gubernur Sumatra Utara (Pilgub Sumut) 2024. Adapun Bobby adalah menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Baca Juga

"Ada kan, Bobby kan?" kata Surya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024), saat ditanya wartawan terkait calon yang akan diusung Nasdem untuk Pilkada Sumut.

Selain itu, menurut dia, Nasdem juga belum menentukan untuk menyodorkan nama calon wakil gubernur yang akan mendampingi Bobby. Surya pun mempersilakan kepada Bobby untuk menentukan sosok wakilnya. "Pokoknya cari siapa yang paling baik, jalan saja kan?" ucapnya.

Untuk pemberian dukungan terhadap calon pada Pilkada Serentak 2024, kata Surya, Nasdem bakal mempertimbangkan dua faktor, yaitu kapabilitas atau kemampuan serta elektabilitas atau tingkat keterpilihan. Menurut dia, Nasdem tidak akan selalu berpatokan untuk mengusung kadernya sendiri dalam pilkada.

Surya memastikan, partainya tersebut bakal mencari sosok terbaik, meski bukan dari internal partai untuk Pilgub Jakarta. "Di sana ada dua hal yang selalu jadi referensi bagi Nasdem untuk menempatkan pilihan akhirnya, definitifnya, satu faktor elektabilitas, kedua ya kapabilitas," ujarnya.

Baru-baru ini, Bobby telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar yang secara resmi menyerahkan surat dukungan untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Sumut 2024. Pada saat yang bersamaan, Partai Golkar pun menyodorkan satu nama yakni Sekar Tandjung untuk menjadi wakil dari Bobby.

Selain Golkar, Bobby pun telah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), serta Partai Gerindra yang menjadi tempatnya sekarang untuk berlabuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement