Senin 24 Jun 2024 05:39 WIB

Kades Se-Magelang Titip ke Sudaryono Tingkatkan Wisata Daerah

Harapan ke gubernur Jateng nanti bisa memberdayakan masyarakat mengelola desa wisata.

Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono ikut menari di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.
Foto: Republika.co.id
Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono ikut menari di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) yang banyak memiliki potensi wisata alam untuk menarik minat para wisatawan, belum mampu dimaksimalkan. Untuk itu, sejumlah kepala desa (kades) se-Kabupaten Magelang menitipkan harapan besar kepada Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono, untuk membantu memberdayakan ekonomi masyakat di sektor wisata.

"Kalau nanti bisa menjadi gubernur Jateng harapan kami bisa memberdayakan masyarakat di perdesaan mengelola desa dan bisa sejahtera. Karena desa-desa kami punya potensi wisata yang bagus bagi wisatawan," kata Kades Marpomo di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dikutip Senin (24/6/2024).

Baca: Prabowo Raih Bintang Bhayangkara Utama Atas Jasanya kepada Negara

Marpomo mencontohkan, Desa Wonolelo sedang aktif mengembangkan agrowisata melalui destinasi wisata Negeri Kahyangan. Dia menilai, masyarakat Wonolelo masih perlu mendapat edukasi bagaimana membangun Negeri Kahyangan menjadi destinasi menarik di mata wisatawan.

"Wisata ini dikelola desa melalui BUMDes. Kerawuhan Pak Sudaryono diharapkan bisa meningkatkan sektor wisata di desa-desa kami yang lain di Magelang," terang Marpomo.

Harapan para kades disampaikan langsung Marpomo kepada Sudaryono saat mengunjungi Desa Wonolelo. Staf Khusus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersebut hadir atas undangan anggota Fraksi Gerindra DPRD Jateng, Sukardiyono.

"Magelang ini terkenal dengan tempat yang sejuk, tempat yang tinggi. Masyarakat desa di sini bekerja sebagai petani tapi mampu memanfaatkan keindahan alam, memanfaatkan ketinggian, memanfaatkan cuaca, dan kekayaan agro menjadi tempat wisata potensial," kata Sudaryono di hadapan kades dan masyarakat.

Menurut dia, cara masyarakat di Magelang mengembangkan potensi wisata desa patut ditiru. Sudaryono mendorong wisata di Jateng ke depan menjadi salah satu sumber unggulan pendapatan desa.

"Karena wisata di Jateng ini sangat potensial kalau dikelola dengan benar. Hampir semua destinasi wisata ada di Jateng. Wisata air, alam, kuliner, dan religius, ada semua di Jateng. Tempat-tempat bersejarah Jateng juga banyak yang menarik," ucap Sudaryono.

Kedatangan calon gubernur Jateng tersebut ke Desa Wonololelo juga disambut Pentas Seni Gedruk Butho, yang merupakan pentas seni tradisional masyarakat setempat. Bahkan, saat masih di atas panggung, Sudaryono turut bernyanyi lagu campursari Perahu Layar karya Didi Kempot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement