Sabtu 22 Jun 2024 17:08 WIB

IDAI Soroti Layanan Kesehatan Anak di Indonesia yang Masih Timpang

Pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia dinilai masih belum tercapai.

Petugas kesehatan memberikan vaksin rotavirus tetes ke seorang bayi dalam kegiatan Pekan Imunisasi Dunia tahun 2024 di Kantor Kelurahan Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (14/5/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas kesehatan memberikan vaksin rotavirus tetes ke seorang bayi dalam kegiatan Pekan Imunisasi Dunia tahun 2024 di Kantor Kelurahan Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (14/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyoroti masalah pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia yang dinilai masih belum tercapai. IDAI mengatakan, butuh lebih banyak kerja sama lintas sektoral untuk memastikan layanan kesehatan anak tidak timpang.

“Pemerintah bersama IDAI dan banyak pihak telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemerataan layanan kesehatan anak di Indonesia. Namun masih terdapat beberapa permasalahan dalam mencapai pemerataan layanan kesehatan anak di Indonesia,” kata Ketua Pengurus Pusat IDAI Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) dalam sambutannya secara daring di HUT ke-70 IDAI yang digelar di Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga

Piprim menuturkan, kesehatan anak merupakan investasi penting bagi masa depan suatu bangsa. Sayangnya, di Indonesia, akses terhadap layanan kesehatan anak berkualitas tinggi masih belum merata. Berbagai masalah seperti terbatasnya infrastruktur kesehatan di daerah terpencil, minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan anak, sampai akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas masih saja terjadi hingga ke pelosok daerah.

Piprim menyayangkan sejumlah tantangan itu belum teratasi dengan baik. Ia juga khawatir semua akan mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi lebih sehat dan tangguh. Maka dari itu, ia mengajak seluruh rekan sejawatnya untuk lebih bekerja keras dalam mengedukasi seluruh lapisan masyarakat termasuk para mitra agar lebih memperhatikan kesehatan anak bangsa pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 IDAI.

“Meski masih ada tantangan, prospek pemerataan layanan kesehatan anak di Indonesia masih tetap besar. Dengan komitmen dan kerja sama semua pihak, diharapkan setiap anak di Indonesia dapat memperoleh akses terhadap layanan kesehatan berkualitas,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh Adib Khumaidi mengatakan, IDAI dan para dokter spesialis anak memiliki peran penting dalam memajukan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Keterampilan dan pengalaman mereka dalam mengobati berbagai penyakit dan gangguan kesehatan pada anak sangat diperlukan, terutama di daerah terpencil yang kekurangan tenaga medis.

“PB IDI berharap pemerintah memberikan banyak beasiswa pendidikan kedokteran anak dan insentif bagi dokter yang bersedia bekerja di daerah terpencil untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang belum merata ini,” ujar Adib.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement