Sabtu 22 Jun 2024 07:35 WIB

Prakiraan Cuaca Sabtu, Mayoritas Kota Besar di Indonesia Cerah

Cuaca cerah atau berawan berpotensi terjadi sepanjang hari di Banda Aceh.

Ilustrasi cuaca cerah.
Foto: dok Pemprov Kalsel
Ilustrasi cuaca cerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca mayoritas kota besar di Indonesia hari ini, Sabtu (22/6/2024) cerah dengan beberapa wilayah lainnya berpotensi mengalami hujan.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari Jakarta, Sabtu, BMKG memperingatkan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat berada di Provinsi Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga

Potensi hujan juga terdapat di sejumlah titik yang berada di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah di Sumatera Utara, Lampung dan Maluku Utara diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

Secara khusus BMKG memprakirakan hujan akan terjadi di sejumlah kota besar dalam berbagai rentang waktu, termasuk Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Manado.

Cuaca cerah atau berawan berpotensi terjadi sepanjang hari di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Jayapura, Pekanbaru, Padang, Palembang, dan Medan.

Untuk Jakarta, BMKG memprakirakan kondisi cuaca akan didominasi cerah dan berawan sepanjang hari di seluruh wilayah, termasuk Kepulauan Seribu.

Dengan masih terdapat potensi hujan lebat, BMKG memperingatkan sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada dampak hujan, termasuk banjir. Wilayah yang berpotensi terdampak, di antaranya Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua, dan Papua Pegunungan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement