Kamis 20 Jun 2024 15:35 WIB

KLHK Beberkan Penyebab Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia Beberapa Hari Terakhir

Pada Selasa (18/6/2024) pagi, polusi udara di Jakarta menjadi yang terburuk di dunia.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Air yang disemprotkan ke udara di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023), sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Air yang disemprotkan ke udara di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023), sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas udara di Jabodetabek, khususnya Jakarta, menjadi sorotan banyak pihak beberapa hari ke belakang. Pasalnya, pada Selasa (18/6/2024) pagi, polusi udara di Jakarta menjadi yang terburuk di dunia berdasarkan data situs IQAir.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rasio Ridho Sani mengatakan, terdapat beberapa faktor penyebab pencemaran udara di wilayah Jabodetabek. Salah satu faktor utamanya adalah emisi kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah tersebut.

Baca Juga

"Sumber pencemaran itu dari kendaraan bermotor, emisi kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi, niaga, baik itu motor maupun kendaraan roda empat. Ini yang pertama," kata dia di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2024).

Selain itu, ia menambahkan, kegiatan usaha industri juga menjadi salah satu faktor pencemaran udara di wilayah Jabodetabek. Salah satu yang dimaksud kegiatan usaha itu adalah operasional pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pabrik semen, peleburan logam, juga kegiatan lain yang menggunakan energi dari batubara. "Ini hasil identifikasi yang kami lakukan," kata Rasio.

 

Tak hanya itu, ia menyebutkan, pencemaran udara juga diakibatkan adanya pembakaran terbuka yang dilakukan oleh masyarakat. Bahkan, kegiatan konstruksi yang dilakukan juga ikut memberikan kontribusi terhadap pencemaran udara.

"Konstruksi itu kan membuka lahan luas kemudian kalau mereka tidak mengelola, mengendalikan debu-debunya maka akan lepas kan," kata dia.

Karena itu, Rasio mengingatkan semua pihak untuk ikut menjaga kondisi lingkungan masing-masing agar tidak mencemari lingkungan. Mulai dari tidak melakukan pembakaran di ruang terbuka, mengendalikan debu dari kegiatan konstruksi, dan lainnya.

"Ini yang kami lihat berkaitan penurunan kualitas udara di Jabodetabek," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement