Rabu 19 Jun 2024 19:17 WIB

Skotlandia Vs Swiss: Beban Berat Tartan Army, La Nati Menatap 16 Besar

Swiss akan memastikan lolos ke 16 besar jika mengalahkan Skotlandia.

Para pendukung Swiss di Euro 2024.
Foto: AP Photo/Themba Hadebe
Para pendukung Swiss di Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Skotlandia pasti akan bermain habis-habisan melawan Swiss dalam pertandingan kedua mereka di Grup A di Stadion Cologne, Kamis (20/6/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Kalah telak 1-5 dari tuan rumah Jerman dalam pertandingan pertama tak saja memperberat langkah Skotlandia tapi juga merusak kepercayaan diri mereka dalam menatap laga-laga berikutnya, termasuk melawan Swiss yang tampil cantik saat menghadapi Hungaria.

Baca Juga

Tim asuhan Steve Clarke wajib mendapatkan poin dari Cologne agar bisa merawat impian maju ke fase grup, sekalipun impian itu terlalu berat untuk diwujudkan.

"Tim ingin kembali ke lapangan dan bermain lebih baik. Mereka ingin menebus kesalahannya," ungkap Clarke.

 

"Kami pikir kami sudah siap menghadapi Jerman, ternyata tidak. Jadi kali ini saya pikir lebih baik tidak banyak bicara dan semoga dengan aksi kami di lapangan kami bisa menunjukkan bahwa kami mempersiapkan diri dengan baik dan hasil positifnya akan menyenangkan," kata dia.

Hal utama yang mesti dilakukan Tartan Army adalah menyingkirkan rasa takut, seperti disebut oleh kapten mereka, Andy Robertson. Menurut pemain Liverpool itu, Skotlandia tidak mengenali dirinya sendiri saat menghadapi Jerman, padahal memiliki kemampuan untuk menandingi tim mana pun.

Untuk itu, yang perlu merombak tim ini bukan cuma pelatih Steve Clarke, tapi juga pemain-pemain Skotlandia yang mesti mengubah pola pikir agar mendapatkan lagi kepercayaan dirinya.

Swiss tahu pasti Skotlandia akan tampil habis-habisan. Namun, mereka juga paham yang harus disiapkan menghadapi tim yang tengah terluka dan di ambang terlempar dari kompetisi. Andy Robertson dkk akan keluar menyerang dalam skala yang lebih besar dan lebih frontal ketimbang sewaktu menghadapi Jerman.

Namun pelatih Murat Yakin tak akan meminta skuadnya menunggu tekanan Skotlandia dan mencari aman agar tak kehilangan poin. Sebab dalam sepak bola Swiss, pertahanan terbaik dalam melawan tim ofensif adalah mendahului menekan. Inilah yang mereka lakukan saat menjinakkan Hungaria 3-1 dalam laga pertama.

"Skotlandia harus menunjukkan reaksi. Mereka akan siap mengganggu kami. Saya harap kami bisa memainkan permainan kami sesuai rencana," kata Yakin.

"Tekanannya tinggi terhadap Jerman dan mereka bermain sangat keras melawan Skotlandia. Namun ketika Anda menghadapi Skotlandia, Anda harus tahu apa yang mampu mereka lakukan," sambungnya.

Kerja tim

Akan selalu menarik melihat dua tim yang memiliki tekanan dan beban berbeda. Swiss yang mungkin lebih relaks tentu akan berbeda dengan Skotlandia yang akan lebih agresif karena tuntutan poin yang demikian besar.

 

Swiss...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement