Jumat 14 Jun 2024 09:46 WIB

Inilah Keunggulan Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Pontianak

Jurusan akuntansi mengintegrasikan kecerdasan buatan dalam kurikulum.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak terus berinovasi dalam menghadirkan program studi yang relevan dan berdaya saing tinggi.
Foto: dok Republika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak terus berinovasi dalam menghadirkan program studi yang relevan dan berdaya saing tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak terus berinovasi dalam menghadirkan program studi yang relevan dan berdaya saing tinggi. Salah satu program unggulan yang menjadi primadona adalah Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi.

Jurusan ini tidak hanya memberikan pengetahuan mendalam di bidang akuntansi dan teknologi informasi, tetapi juga mengintegrasikan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebagai bagian penting dari kurikulumnya.

Baca Juga

Raja Sabaruddin selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak menyatakan bahwa visi prodi ini adalah menjadi program studi unggulan di bidang sistem informasi akuntansi yang mendukung pengembangan IPTEK dan ekonomi kreatif. Serta menciptakan lulusan yang mampu mengintegrasikan teknologi informasi dengan akuntansi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan adaptasi terhadap kecerdasan buatan. 

"Program Studi Sistem Informasi Akuntansi di Universitas BSI Kampus Pontianak dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep akuntansi dan teknologi informasi. Kurikulum ini terus diperbarui untuk mencakup perkembangan terbaru dalam teknologi, termasuk penggunaan software akuntansi modern dan sistem informasi yang canggih. Program ini menekankan pada pendekatan praktis dengan banyaknya kegiatan lab dan proyek berbasis real-world," ujar Raja dalam keterangan pers, Senin (10/6/2024). 

 

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bekerja langsung dengan perangkat lunak akuntansi dan sistem informasi, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Salah satu keunggulan utama program ini adalah integrasinya dengan teknologi kecerdasan buatan. Tentunya program ini didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Prodi Sistem Informasi Akuntansi memiliki beberapa misi strategis untuk mencapai visi tersebut. Misi-misi ini mencakup penyelenggaraan pendidikan berkualitas di bidang sistem informasi akuntansi, pelaksanaan penelitian di bidang teknologi informasi dan sistem informasi akuntansi, pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta pengelolaan program studi secara mandiri dengan tata kelola yang baik.

"Kami berupaya untuk memastikan setiap aspek dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dilakukan dengan standar tertinggi, didukung oleh fakultas dan infrastruktur yang memadai. Penggunaan kecerdasan buatan dalam bidang akuntansi menawarkan berbagai manfaat yang signifikan. AI dapat membantu dalam otomatisasi tugas-tugas rutin seperti pembukuan, pencatatan transaksi, dan pembuatan laporan keuangan, sehingga akuntan dapat fokus pada tugas yang lebih strategis," tambahnya.

Program Studi Sistem Informasi Akuntansi di Universitas BSI Kampus Pontianak tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi akuntan yang handal, tetapi juga profesional yang siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital yang terus berkembang. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement