Kamis 13 Jun 2024 23:11 WIB

Rp 4,1 Miliar Untuk Tangani Stunting di Kabupaten Paser

Penanganan stunting melibatkan banyak pihak.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN – Angka tangkes atau stunting di Indonesia berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023, masih berada di angka 21,5 persen persen. Sedangkan, target pemerintah untuk menurunkan stunting yang disebabkan oleh malnutrisi, adalah 14 persen. 

Salah satu wilayah yang angka tangkesnya masih berada di atas target pemerintah, bahkan di atas rata rata nasional, adalah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 menunjukan kabupaten paser masih berada di angka 24,9 persen. Di kabupaten Paser sendiri, terdapat 47 desa yang diberi perhatian khusus terkait masalah tangkes. 

Baca Juga

PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, berkolaborasi dengan Yayasan Indika Untuk Indonesia (Indika Foundation),  meluncurkan program Cegah dan Tangani Stunting (CANTING) dan Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS). Acara yang berlangsung di Puskesmas Desa Batu Kajang,Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Selasa (11/05/2024).

Melalui program tersebut,Kideco menggelontorkan bantuan sebesar Rp 4,1 miliar untuk membantu pemerintah Kabupaten Paser menangani permasalah tangkes. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser, serta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Paser. 

 

Komisaris Utama Kideco, Azis Armand, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat, terutama masyarakat yang berada di sekitar lokasi operasional Kideco. 

“Kideco dalam keberadaannya selalu menjadi bagian dari masyarakat, terutama masyarakat daerah sekitar operasi tambang. Untuk itu, sebagai kelanjutan dari beberapa program sosial sebelumnya, kami kembali meluncurkan beberapa program yaitu program inklusivitas untuk anak-anak disabilitas, dan CANTING yang berfokus pada penurunan angka stunting anak,” ujar Azis Armand. 

Komisaris Kideco Letnan Jenderal TNI (Purn) Dodik Wijanarko, menambahkan bahwa program-program tersebut adalah bentuk komitmen Kideco untuk masyarakat dan pemerintah kabupaten Paser. 

Selain program penanganan tangkes, Kideco yang berkolaborasi dengan Yayasan Indika Untuk Indonesia (Indika Foundation), melakukan kick off program Kideco Cares for Diffabled Communities (DREAMS) dan Inclusion School Development Program (ISDP). 

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, menyampaikan bahwa pihaknya serius untuk menjalankan program program yang bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Paser.

“Kideco serius dalam menjalankan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Paser, terutama untuk program-program jangka panjang yang berkaitan langsung dengan kebutuhan mendasar masyarakat Paser, salah satunya masyarakat diffable, dengan program yang sudah kita luncurkan tadi,” ujar M. Kurnia Ariawan.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement