Rabu 12 Jun 2024 06:15 WIB

Presiden Jokowi Buat Vlog Usai Timnas Indonesia Kalahkan Filipina

Indonesia mencetak sejarah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Presiden Joko Widodo (tengah) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) bersorak saat Timnas Indonesia mencetak gol pada pertandingan melawan Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).
Foto: ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo (tengah) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) bersorak saat Timnas Indonesia mencetak gol pada pertandingan melawan Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat video blogging (vlog) menggunakan telepon genggam usai kemenangan timnas Indonesia atas Filipina dengan skor 2-0 di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (11/6/2024) malam.

Video yang kemudian diunggah di Instagram @jokowi tersebut, memperlihatkan Presiden Jokowi yang mengenakan kaus lengan panjang putih berada di salah satu tribun di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta tempat pertandingan tersebut berlangsung.

Baca Juga

"Hari ini kita menang 2-0," kata Jokowi yang kemudian mengarahkan kamera telepon genggamnya ke penonton yang kemudian mendapat sambutan riuh dari para pencinta sepak bola Tanah Air itu.

Tak lupa dalam unggahannya tersebut, Presiden Jokowi juga menyertakan pesan singkat atas kemenangan timnas Indonesia tersebut.

 

"Kemenangan yang luar biasa! Selamat untuk timnas Indonesia yang berhasil menaklukkan Filipina dengan skor 2-0! Dengan torehan ini, kita semakin dekat dengan impian kita untuk bisa bermain di Piala Dunia. Prestasi gemilang ini juga memastikan posisi kita di putaran final Piala Asia 2027. Terima kasih untuk kerja keras seluruh pemain, ofisial, dan dukungan dari semua masyarakat. Terus berjuang, Timnas Garuda!" kata Jokowi.

Dua gol yang dicetak Thom Haye (31') dan Rizky Ridho (55') cukup membawa Indonesia menempati posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin. Indonesia mencetak sejarah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027, menemani pemuncak klasemen Irak yang sudah memastikan tempat terlebih dahulu.

Jumlah poin ini sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini di posisi ketiga dengan enam poin. Apalagi Vietnam kemudian takluk 1-3 dari Irak pada laga Stadion Internasional Basra pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tetapi saat itu masih bernama Hindia Belanda. Untuk format saat ini, Indonesia belum pernah melaju ke babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu ke putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement